Awas, 5 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Tanda Depresi

RekanBola – Depresi menjadi salah satu penyakit mental yang banyak dialami. Masalahnya, gangguan mental ini sering tidak dapat dideteksi penyebabnya. Natural Alliance of Mental Illness mengatakan, satu dari delapan wanita di Amerika Serikat mengalami depresi dan sulit untuk dicari penyebabnya.

Selain itu, WHO mengklaim 50 persen dari 300 juta orang di dunia hidup dengan depresi yang tidak ditangani. Psikolog di NYU Langone, Susanne Cooperman, Ph.D., mengungkapkan banyak orang menyangkal diri mereka mengalami depresi.

Dilansir dari Women’s Health, Kamis (5/4/2018), Cooperman membagikan beberapa gejala depresi tidak terduga yang terjadi pada wanita. Dia menyarankan, apabila Anda mengalami satu atau beberapa gejala ini sepanjang hari, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

1. Sulit mengatur emosi

Jika sering jengkel atau marah yang berlebihan, bisa jadi Anda mengalami depresi. Sebuah studi di JAMA Psychiatry tahun 2013 menunjukkan emosi yang sulit diatur menjadi gejala depresi yang dialami lebih separuh orang dalam jangka panjang. Cooperman mengungkapkan kegelisahan seperti itu bisa terjadi pada orang dewasa dan anak-anak.

2. Bangun terlalu pagi

Depresi membuat wanita mudah tertidur pulas. Namun demikian, Cooperman menjelaskan sebagian dari mereka mulai tertidur lebih sedikit, dan bangun lebih pagi. Oleh sebab itu, jika mulai sering terbangun sekitar pukul 4 atau 5 pagi, bisa jadi Anda mengalami depresi.

(Sumber : Liputan6.com)

Baca Juga :

Baca Juga:   Tidak Punya Mental Juara, Inggris Akan Terpeleset di Piala Dunia 2018