Awas! Game Fisik Bisa Bikin Nintendo Switch Cacat Permanen

REKANBOLA – Bagi kalian yang main Nintendo Switch, hati-hati saat memasukkan cartridge game fisik ke konsol. Sembrono sedikit bisa-bisa Switch tersebut akan cacat secara permanen.

Cacat yang dimaksud adalah perangkat bersangkutan tidak dapat membaca game fisik sama sekali ke depannya. Ini bisa terjadi jika pengguna tidak memasukkan cartridge game dengan benar, atau cartridge yang digunakan sudah rusak.

Hal ini pun jadi perhatian yang cukup besar di negara asalnya. Sebuah toko di Jepang yang melayani perbaikan Switch mengatakan sejumlah pengguna di Negeri Sakura mengeluh bahwa konsol milik mereka tak lagi bisa menjalankan game fisik setelah memasukkan cartridge bekas atau pinjaman ke dalam perangkat tersebut.

Dari situ, diketahui kerusakan dari cartridge yang dimaksud adalah bengkoknya setrip tembaga di bagian belakang yang berfungsi untuk menghubungkannya dengan konsol. Kalau cartridge seperti itu dimasukkan ke dalam Switch, maka pembengkokan juga bisa terjadi pada port di dalam perangkat tersebut.

Parahnya, toko reparasi itu menjelaskan, Switch tidak akan lagi bisa menjalankan game fisik walaupun port miliknya sudah dibetulkan. Ini yang membuat toko tersebut memberikan imbauan bagi para pemain dalam blog resminya, sebagaimana detikINET kutip dari Digital Trends.

Satu saran yang diberikan oleh toko reparasi itu adalah para pemain perlu memeriksa cartridge game sebelum memasukkannya ke dalam Switch. Walau begitu, para pengguna juga tidak perlu memberikan proteksi lebih terhadap cartridge karena kerusakan tersebut biasanya hasil akumulasi dari keteledoran yang berulang-ulang.

Walau konsol yang menemui kerusakan seperti itu masih bisa menjalankan game versi digital, tentu perlu penjelasan lebih lanjut dari Nintendo mengapa cacat permanen itu bisa timbul. Mungkin, mereka bisa menjelaskannya pada Nintendo Direct yang digelar di E3 pada 11 Juni waktu setempat.

Baca Juga:   Amazon Mau Luncurkan 3.236 Satelit, Buat Apa?