Awas ketipu, 7 fakta tentang hewan ini ternyata cuma mitos lho

Nomor 8 banyak terjadi di Indonesia.

 

Rekanbola.com – Ada banyak sekali hal-hal yang dipercaya sebagai fakta, padahal aslinya hanyalah mitos belaka. Tak cuma di bidang sains, dalam dunia binatang pun banyak fakta yang ternyata hanya sekadar mitos.

Contohnya seperti 7 fakta tentang hewan di bawah ini nih. Pasti sebagian kamu tahu nih.

Simak ulasannya di bawah ini, seperti dihimpun Rekanbola.com dari berbagai sumber di bawah ini, Selasa (28/3). Awas ketipu!

1. Punuk unta berisi air.

Dari dulu kamu mungkin sering dikasih tau kalau unta menyimpan cadangan air di punuk mereka. Padahal faktanya punuk unta tidak berisi air, melainkan berisi cadangan lemak.

2. Anjing hanya bisa melihat hitam dan putih.

Banyak yang percaya jika anjing merupakan hewan yang hanya bisa melihat warna hitam dan putih. Tapi kenyataannya anjing bisa melihat berbagai warna, hanya saja tak sejelas manusia.

3. Kelelawar tidak bisa melihat.

Kelelawar memang menggunakan ekolokasi atau biasa disebut biosonar sebagai alat navigasi. Hal itu dilakukan karena kelelawar mempunyai kemampuan penglihatan yang rendah, bukan karena buta.

4. Banteng benci warna merah.

Kamu pasti pernah percaya kalau banteng itu benci warna merah. Faktanya, banteng itu buta warna. Mereka menjadi marah bukan karena warna merah, namun karena gerakan kain yang dikibas para matador. Hal itu dianggapnya sebagai ancaman.

5. Cheetah adalah binatang tercepat di dunia.

Cheetah memang binatang darat tercepat di dunia. Namun Burung Alap-alap Sawah bisa terbang hingga kecepatan 320 km/jam saat sedang mengejar mangsa.

Cheetah memang dapat berlari hingga 100 km/jam, namun kecepatan tersebut hanya bertahan 30 detik.

6. Bunglon berubah warna untuk berkamuflase.

Kamu pasti percaya kalau bunglon itu berubah warna untuk berkamuflase. Padahal, tidak semua bunglon mampu berubah warna. Beberapa spesies nyaman dengan satu warna sepanjang hidupnya.

Terkadang, mereka berubah warna dari cerah ke yang lebih gelap supaya dapat menyerap panas saat mereka kedinginan.

7. Ikan tidak bisa tidur.

Siapa bilang ikan tidak bisa tidur? Faktanya, ikan juga tidur! Tapi mereka tidak menutup mata saat tidur karena memang tidak memiliki kelopak mata. Para ilmuwan mengukur tidur dengan melihat gelombang di otak.

Mereka tahu kapan ikan tidur karena mereka dapat melihat gelombang otak ikan dan frekuensi gelombang akam melambat saat ikan jatuh tidur.

8. Ular takut garam.

Dari dulu, kamu pasti sering diberi saran untuk menabur garam agar ular tidak masuk rumah. Faktanya, ular merupakan salah satu hewan dengan indra penciuman yang sangat tajam.

Cara terbaik mengusir ular adalah dengan mendistraksi indra penciumannya dengan benda-benda berbau menyengat. Jadi, garam yang tidak berbau jelas tidak akan berefek pada ular. Menyemprotkan wewangian adalah salah satu cara yang tepat untuk mengusir ular.

 

Recommended

Facebook Comments