Badai Pasir Terjang India, 77 Orang Tewas

Rekanbola – New Delhi – Badai pasir yang kuat menerjang wilayah India bagian utara hingga menumbangkan pepohonan dan merobohkan dinding. Nahas, sedikitnya 77 orang tewas dan 143 orang lainnya luka-luka akibat badai pasir ini.

badai pasir yang diwarnai angin sangat kuat ini menerjang wilayah Uttar Pradesh dan Rajasthan pada Rabu (2/5) malam waktu setempat. Otoritas setempat memperkirakan jumlah korban tewas masih bisa bertambah.

Sedikitnya 46 orang tewas di Uttar Pradesh yang ada di bagian utara dan 31 orang lainnya tewas di Rajasthan yang ada di bagian barat.

Baca Juga : Deretan Fitur Baru Windows 10 April 2018 Update 

“Kami bisa mengonfirmasi sedikitnya 46 orang tewas dan 41 orang lainnya luka-luka dari sekitar 40 dari total 75 distrik di wilayah ini,” sebut TP Gupta dari kantor pemulihan bencana wilayah Uttar Pradesh kepada .

Media-media lokal India melaporkan, distrik Agra di Uttar Pradesh yang merupakan lokasi Taj Mahal, menjadi salah satu wilayah yang terdampak paling parah. Lebih dari 30 orang tewas di wilayah ini. Otoritas setempat melaporkan Taj Mahal tidak mengalami kerusakan apapun.

Sedangkan tiga distrik di wilayah Rajasthan, yakni Alwar, Dholpur dan Bharatpur, menjadi wilayah yang terdampak paling parah. “Kebanyakan dari 31 korban tewas dan 102 korban luka di wilayah kami berasal dari tiga distrik Alwar, Dholpur dan Bharatpur,” sebut Hemant Gera dai Departemen Pemulihan dan Penanggulangan Bencana Rajashtan.

Kebanyakan korban tewas tertimpa dinding yang roboh, pohon dan tiang listrik yang tumbang akibat angin kencang yang dibawa badai pasir ini.

Otoritas setempat melaporkan 157 ekor binatang juga mati akibat badai pasir ini.

Baca Juga:   Nokia 8.1 Lahir di India, Ini Spek dan Harganya!

Perdana Menteri India, Narendra Modi, menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban dalam pernyataannya via Twitter. “Merasa sedih atas hilangnya nyawa karena badai pasir di berbagai wilayah India. Belasungkawa untuk keluarga yang kehilangan. Semoga para korban luka cepat sembuh,” ucap PM Modi dalam pernyataannya.

“Telah memerintahkan otoritas terkait untuk berkoordinasi dengan pemerintah negara bagian terkait dan mengupayakan bantuan bagi orang-orang yang menjadi korban,” imbuhnya.

(Sumber : Detik.com)

Baca Juga :