Bahaya, 5 Tanda Kalau Stress yang Kamu Rasakan Sudah di Tahap Kronis

 

Rekanbola.com – Stress merupakan hal wajar yang terjadi dalam lika-liku kehidupan. Stress terjadi akibat beban yang ditanggung cukup berat atau pun tidak sesuainya hal yang terjadi seperti yang kita harapkan.

Baca Juga :

7 Meme Beda Kelakuan Cewek Di Instagram Vs Realita Ini Mak Jleb Banget

Jika kamu tidak peka pada stress yang terus kamu pikirkan ataupun terjebak terlalu lama di dalamnya, mental bahkan kesehatanmu bisa berdampak signifikan pada akhirnya. Kenali stress kamu sebelum benar-benar tenggelam didalamnya.

1. Stressmu mulai mengganggu kehidupan sehari-hari

Bahaya, 5 Tanda Kalau Stress yang Kamu Rasakan Sudah di Tahap Kronis

Kamu mudah tersinggung dan mudah marah yang berakibat pada hubungan baikmu pada orang lain. Dan situasi seperti itu akan menambah suasana negatif dalam keseharianmu.

Kamu jadi kehilangan semangat. Kamu merasa malas dan tak tertarik lagi terhadap aktivitas atau pekerjaan yang biasa dilakukan. Kamu memiliki masalah tidur dan kehilangan minat terhadap apapun.

2. Stressmu berulang-ulang kembali

Bahaya, 5 Tanda Kalau Stress yang Kamu Rasakan Sudah di Tahap Kronis

Stress yang kamu alami terus menerus datang setiap ada celah. Hal itu membuat kamu jadi terus memikirkannya. Tandanya kamu menjadi kewalahan untuk menyesuaikan apa yang perlu dipikirkan dengan apa yang harus dikerjakan.

Hymie Anisman, penulis “An Introduction to Stress and Health” dan profesor di Carleton University, mengatakan bahwa stres kronis dapat menyebabkanmu kehabisan cara untuk mengatasi sesuatu. Selain itu perubahan hormon yang ada pada tubuh akan berdampak pada kesehatanmu.

3. Kamu jadi mudah sakit

Bahaya, 5 Tanda Kalau Stress yang Kamu Rasakan Sudah di Tahap Kronis

Semakin kamu stres, semakin lemah sistem kekebalan tubuh. Kamu jadi lebih mudah sakit dan membuat kamu lebih rentan terhadap berbagai infeksi. Nah lho!

4. Kesehatan ususmu terganggu

Bahaya, 5 Tanda Kalau Stress yang Kamu Rasakan Sudah di Tahap Kronis

Orang yang sedang stress pasti kehilangan nafsu makan. Menurut Canadian Society of Intestinal Research, penelitian telah menemukan bahwa kehidupan yang penuh tekanan berkaitan dengan kondisi pencernaan termasuk penyakit radang usus, sindrom iritasi usus, dan penyakit serupa.

Baca Juga:   Kaus Jokowi Jadi Bahan Tebak-Tebakan Warganet, Ada-Ada Aja

Ketika bakteri usus kita tidak seimbang, ia dapat mengaktifkan sistem lain dengan cara yang tidak kita inginkan, sehingga menyebabkan penyakit. Seperti sakit maag, ketika sedang banyak pikiran, perut kamu sakit bukan?

5. Kamu mengatasi stress dengan cara yang tidak sehat

Bahaya, 5 Tanda Kalau Stress yang Kamu Rasakan Sudah di Tahap Kronis

Kamu berpikir dalam jangka pendek. Kamu akan memikirkan cara tercepat untuk dapat menghilangkan rasa stressmu walaupun hanya sesaat. Apapun caranya bahkan bahaya sekalipun kamu tidak peduli asal kamu bisa menghilangkannya.

Seperti balap, mabuk-mabukan, seks bebas atau bahkan narkoba. Sadarlah, yang kamu lakukan hanya berefek sementara, dan berakibat fatal pada jangka panjang.

Jika kamu memiliki salah satu tanda atau bahkan mungkin semua, segera jumpai dokter atau psikiater. Jika susah, temuilah orang terpercayamu. Ceritakan bebanmu. Seringlah bergabung dengan teman-teman terdekatmu jika berada di situasi yang sulit.

Hal ini akan cukup membantu. Jangan biarkan stress mu berlarut-larut. Yang terpenting jangan sampai kamu jatuh ke jalan yang salah. Kamu pasti bisa melewatinya! Semangat ya!