Balas Budi, Paus Selamatkan Pria Ini dari Serangan Hiu Ganas

Rekanbola.com-Seorang ahli biologi bernama Nan Hauser tak menyangka ada makhluk besar menghampirinya. Kala itu, ia sedang menyelam di pantai Rarotonga yang terletak di Kepulauan Cook.

Dikutip dari laman Independent.co.uk, Rabu (10/1/2018), hewan raksasa itu adalah seekor paus seberat 25 ton. Dengan tubuhnya yang begitu besar, pria itu didorong di kedalaman mengikuti kehendaknya.

Ternyata, hewan bertubuh besar itu tak punya maksud jahat sedikit pun. Ia sengaja mendorong Hauser agar terhindar dari serangan seekor hiu yang ingin memangsanya.

BACA JUGA :

Dengan siripnya yang begitu besar, tubuh Hauser terjepit di bagian sirip paus tersebut. Pertemuan ini merupakan bukti bahwa paus memiliki sifat intuitif untuk melindungi spesies lain dari ancaman bahaya, termasuk manusia.

Detik-detik kejadian itu terekam lewat kamera yang dibawa oleh Hauser saat hendak meneliti kedalaman laut. Paus itu sendiri diprediksi telah berusia 63 tahun.

Di dalam air sendiri, paus itu berusaha mengusir hiu dengan menggerakan ekor dan siripnya.

“Saya telah melindungi paus selama 28 tahun dalam penelitian. Saya tak menyangka jika hewan itu akhirnya menyelamatkan saya juga,” ujar Hauser.

Ahli biologi itu kemudian menyamakan tindakan altruistik paus dengan petugas pemadam kebakaran yang bergegas menyelamatkan orang-orang yang terjebak dalam gedung.

“Awalnya saya mencoba untuk melarikan diri saat paus itu mencoba untuk mendekati saya. Tenyata apa yang ia lakukan justru baik,” ujar Hauser.

Kini Hauser berharap agar rekaman tersebut dapat disebarluaskan untuk para peneliti. Nantinya, rekaman ini diharapkan dapat memberi pengetahuan baru dan jadi bahan kajian lebih lanjut tentang kebiasaan paus.

Baca Juga:   Gempa 4,5 SR Guncang Bengkulu

Lebih dari 400 Ekor Paus Pilot Terdampar

BERITA MENARIK LAINNYA :