Banda Aceh Gerimis, Bisakah Gerhana Total Terlihat?

NEWS

Please enter banners and links.

Rekanbola – Hujan gerimis mengguyur Banda Aceh malam ini. Padahal masyarakat sudah bersiap-siap menyaksikan gerhana bulan total. Lalu, apakah fenomena langka tersebut bisa terlihat di Tanah Rencong?

Pantauan, di Banda Aceh, gerimis mulai turun sejak pukul 20.00 WIB. Bulan ataupun bintang tak terlihat di langit. Sebagian pengendara motor memilih menepi.

Berdasarkan data yang dirilis BMKG Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, sebagian wilayah Aceh malam ini berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat. Selain itu, ada potensi hujan yang disertai angin kencang dan petir.

“Ini artinya hampir di seluruh Aceh akan ditutup awan dan diperkirakan sebagian Aceh tidak nampak gerhana bulan atau terlihat samar,” kata Kasi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang Zakaria saat dimintai konfirmasi, Jumat (27/7/2018) malam.

Untuk menyaksikan gerhana, ada dua lokasi yang sudah dipersiapkan di Banda Aceh. BMKG Stasiun Mata Ie menyediakan satu teleskop di atas gedung TDMRC Ulee Lheue untuk menyaksikan gerhana.

Sementara Kemenag Aceh menggelar pengamatan di halaman kantornya yang tak jauh dari Balai Kota Banda Aceh. Di sana, ada delapan teleskop yang disiapkan dan bisa dipakai masyarakat umum.

“Kemenag Aceh menyiapkan delapan teleskop pengamatan di halaman kantor dan terbuka untuk masyarakat umum. Walau tengah malam, kami persilakan bagi warga yang ingin mengamati peristiwa langka tersebut,” kata Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Saifuddin.

 

( Sumber : detik.com )