Banjir Melanda Sebagian Wilayah Pasaman Barat

Rekanbola Banjir melanda sebagian wilayah Kabupaten Pasaman Barat akibat hujan lebat yang turun sejak Kamis siang (11/10).

“Dari data awal, banjir melanda daerah jalur 1 Jambak Kecamatan Luhak Nan Duo. Puluhan rumah warga terendam air setinggi satu meter,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat Try Wahluyo di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan daerah Jambak jalur 1 kebanjiran luapan air dari irigasi Pala Bandar yang tidak sanggup menampung air saat hujan lebat turun.

“Saat ini petugas mengevakuasi warga di daerah Jambak. Untuk sementara belum ada korban jiwa,” katanya.

Di daerah perbatasan antara Nagari Kapa dan Nagari Persiapan Sungai Talang Kecamatan Luhak Nan Duo, air Sungai Batang Talang juga mulai meluap, menggenangi rumah-rumah warga.

Luapan air dikhawatirkan semakin besar karena hujan sampai pukul 18.45 WIB belum juga berhenti.

“Kita sudah menurunkan petugas untuk memberikan bantuan kepada warga. Bagi warga yang rumahnya terendam banjir sementara dievakuasi ke tempat yang lebih aman,” kata Try.

Ia mengatakan air Sungai Batang Pasaman, Batang Sikabau, Batang Bayang, Batang Batahan, dan sungai Anak Air Haji di Pasaman Barat rawan meluap saat hujan.

“Setiap hujan lebat dalam waktu yang lama maka air sungai itu selalu meluap dan menggenangi rumah warga sekitar,” katanya.

Ia menambahkan warga yang berada di daerah perbukitan, pegunungan dan di tepi laut juga sebaiknya mewaspadai kemungkinan tanah longsor.

“Saat ini cuaca tidak menentu atau ekstrem. Tingkatkan kewaspadaan dan selalu siaga bencana,” ujarnya.

Baca Juga:   Ombudsman sidak calo SIM di Polres Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *