Bank Sentral Terbitkan Bitcoin Cs, Ekonomi Terganggu

Rekanbola – Bank sental Korea Selatan atau Bank of Korea menyatakan tidak berencana menerbitkan mata uang digital (cryptocurrency) karena khawatir dapat menganggu stabilitas ekonomi.

Bank of Korea (BoK) mengatakan bank sentral yang menerbitkan uang digital (CBDC) bisa menimbulkan “moral hazard” dengan mempengaruhi kebijakan moneter dan implementasinya dan mungkin menyebabkan ketidakstabilan di pasar karena secara efektif tidak berfungsi seperti uang kartal.

“Mata uang digital tidak berfungsi sebagai uang. Mata uang digital telah terkena berbagai kategori risiko yang terkait dengan kredit, likuiditas dan manajemen Hukum,” tulis BoK dalam laporan terbarunya seperti dilaporkan The Korea Times dan dilansir dari Coindesk.

BoK juga menjelaskan penerbitan uang tradisional dan digital tidak terbatas dapat membawa biaya sosial dan merusak kesejahteraan sosial.

Makalah ini juga merekomendasikan pengaturan penerbitan mata uang digital, menurut Yonhap. “Perbaikan teknologi tidak berarti sektor swasta akan diizinkan untuk memiliki hak untuk penerbitan uang. Jika ini terjadi, BoK harus mengaturnya tetapi dengan benar,” kata Kwon Oh-ik, ekonom BoK.

BoK mempelajari kemungkinan penerbitan uang digital sendiri dan bagaimana cryptocurrency dapat mempengaruhi sektor keuangan, sejak Januari 2018, ketika membentuk sebuah gugus tugas untuk meneliti teknologi.

 

 

(Sumber : cnbcindonesia.com)

Baca Juga:   Kenapa Satelit Merah Putih Pilih Perusahaan Elon Musk?