Banyak Juga Ya Mobil-mobil Toyota yang Diproduksi Daihatsu

Rekanbola – Daihatsu tidak hanya memproduksi mobil berlogo ‘Daihatsu’ saja di Indonesia. Diketahui Daihatsu juga memproduksi mobil-mobil yang kemudian dijual lagi dengan emblem Toyota.

Kebanyakan mobil Toyota yang diproduksi oleh Daihatsu adalah kembaran. Maksudnya mobil itu memiliki bentuk yang sangat identik namun dijual dengan masing-masing.

Mulai dari Toyota Avanza diproduksi bersamaan dengan Daihatsu Xenia, Agya-Ayla, Calya-Sigra, hingga Rush-Terios.

Tidak hanya untuk pasar Indonesia saja Daihatsu memproduksi mobilnya untuk Toyota. Daihatsu pun melakukan hal serupa untuk mobil-mobil yang dijual di pasaran.

Tercatat dalam data ekspor CBU Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) cukup banyak mobil yang diproduksi Daihatsu untuk dijual lagi dengan merek Toyota. Bahkan jumlahnya melebihi produksi Toyota untuk diekspor.

Sepanjang semester satu 2018, Daihatsu memproduksi 47.881 mobil Toyota untuk diekspor. Modelnya antara lain Avanza, Rush, Wigo (Agya), serta TownAce dan LiteAce alias GranMax versi Toyota.

Sedangkan Toyota hanya memproduksi 44.789 unit secara total dalam periode yang sama. Mobil Toyota yang dibuat sendiri dan dijual ke negara orang ada Fortuner, Sienta, Yaris, Vios, dan juga Innova.

 

( Sumber : detik.com )

Baca Juga:   Penjualan Datsun Cross Anjlok, Datsun Anggap Wajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *