Barcelona Sedang Mempersiapkan Hidup Tanpa Messi

REKANBOLA – Lionel Messi begitu penting bagi Barcelona. Namun, Barca sudah mulai memikirkan kehidupan setelah bintangnya itu gantung sepatu.

Saat ini Messi sudah berusia 31 tahun. Kariernya bisa jadi masih sangat panjang, tapi pemain ini sudah mendapatkan segalanya di level klub. Kontrak Messi di Barcelona masih tersisa dua tahun lagi.

Dengan klausul jual mencapai 700 juta euro, rasanya sangat sulit bagi klub manapun untuk merekrutnya. Sepanjang kariernya, Messi sudah mengangkat sembilan trofi La Liga dan empat Liga Champions. Dia juga telah menciptakan 581 gol dari 664 laga bersama Barca.

Meski begitu, presiden klub, Josep Maria Bartomeu sadar Barca tak bisa selamanya mengandalkan Messi. Cepat atau lambat pemain satu ini bisa pensiun.

“Saya tahu suatu hari nanti Lionel akan berkata: ‘Saya pensiun’,” ujar Bartomeu seperti dilansir BBC.

“Kami harus menyiapkan masa depan untuk klub. Kami mencoba mendatangi beberapa pemain muda hebat ke dalam tim karena kami harus melanjutkan kesuksesan era ini. Itu tanggung jawab kami,” sambungnya.

“Jabatan saya akan berakhir dalam dua tahun lagi. Jadi saya harus meninggalkan klub dalam posisi yang baik dan mengatakan kepada presiden baru nanti ‘inilah warisan kami’,” tutur Bartomeu.

Perekrutan Frenkie De Jong (21 tahun) menjadi salah satu bukti Barca mulai memprioritaskan bakat-bakat muda. Barca juga cukup berani mengeluarkan dana besar untuk sosok muda.

Sebut saja Ousmane Dembele yang direkrut dengan harga lebih dari 100 juta euro. Keberadaan Arthur Melo (22 tahun) dan Clement Lenglet (23 tahun) juga menjadi bukti lainnya.

 

Baca Juga:   Jose Mourinho Dituding Jadi Penyebab Alexis Sanchez Mandul