Baru Lahir, Bayi Meghan Markle dan Harry Ciptakan 8 Sejarah Baru

REKANBOLA – Kabar bahagia baru saja menyelimuti pasangan Meghan Markle dan Pangeran Harry. Keduanya baru saja memiliki bayi laki-laki yang sehat, yang lahir pada Senin, 6 Mei 2019.

Kerajaan Inggris memiliki tradisi untuk kelahiran bayi yang sudah dilakukan sejak lama. Namun putra pertama Duke dan Duchess of Sussex ini berbeda dengan kebanyakan royal baby lainnya.

Bahkan, bayi yang belum diketahui namanya itu juga disebut-sebut mengukir sejarah baru dalam keluarga kerajaan Inggris. Dikutip dari Good House Keeping, berikut delapan sejarah yang dibuat pewaris takhta urutan ketujuh kerajaan Inggris tersebut.

1. Memenuhi syarat mendapat kewarganegaraan Amerika Serikat

Bayi yang memiliki darah Amerika belum pernah terjadi sebelumnya di kerajaan Inggris, sampai sekarang. Baby Sussex memenuhi persyaratan kewarganegaraan AS karena ia memiliki orang tua Amerika yang sudah menikah dan tinggal di Amerika setidaknya selama lima tahun.

2. Memiliki ras campuran

Meghan sebelumnya telah membuka tentang latar belakang birasial (keturunan campuran) di sebuah esai tahun 2015 untuk Elle. Dalam tulisannya, dia mengakui percampurannya itu. Anak yang dilahirkannya juga akan mencerminkan populasi ras campuran yang tumbuh di Inggris.

“Warisan campuran saya mungkin telah menciptakan wilayah abu-abu identifikasi diri saya, menjaga saya berdiri di dua sisi. Saya datang untuk merangkul itu. Untuk mengatakan siapa saya, untuk berbagi dari mana asal saya, untuk menyuarakan kebanggaan saya menjadi seorang wanita ras campuran yang kuat dan percaya diri,” tulis mantan bintang Suits tersebut.

3. Bayi Meghan tak langsung dikenalkan ke publik

Meghan melanggar tradisi menunjukkan bayi kepada publik segera setelah melahirkan. Padahal Kate Middleton berdiri di tangga Lindo Wing dengan menggendong Pangeran Louis, tujuh jam setelah dilahirkan. Namun Duke dan Duchess of Sussex sebaliknya, kembali ke sejarah yang lebih tua dengan menjaga momen tersebut lebih pribadi.

Baca Juga:   Ngeri Abis!! 10 Film Horor Ini Terkena Kutukan Sungguhan

4. Kelahirannya diumumkan di Instagram

Juru bicara Istana Kerajaan Inggris sebelumnya memilih untuk merilis berita melalui pernyataan resmi. Tapi untuk kelahiran Putri Charlotte dan Pangeran Louis mengumumkannya di Twitter. Sedangkan kabar kelahiran putra Meghan dan Harry, pertama kali diumumkan di Instagram.

5. Bayi kerajaan pertama yang tinggal di Frogmore Cottage

Terletak di lahan Windsor, rumah kebun ini memiliki sejarah lebih dari 200 tahun, tetapi tidak ada ahli waris kerajaan Inggris yang pernah tinggal di sana. Ratu Charlotte dan beberapa putrinya yang belum menikah pernah tinggal di sana pada awal 1800-an.

Lalu pada 2018, Ratu Elizabeth II menghadiahkan properti itu kepada Harry dan Meghan. Hingga akhirnya tempat itu direnovasi dan diubah menjadi rumah keluarga.

6. Garis keturunan kerajaan berubah

Bayi Meghan dan Harry berada di urutan ketujuh pewaris takhta Inggris, di belakang ayahnya. Di depan mereka, yakni Pangeran Charles, Pangeran William, Pangeran George, Puteri Charlotte, dan Pangeran Louis.

Putra Meghan dan Harry menggeser urutan Pangeran Andrew dan putrinya, Putri Beatrice dan Putri Eugenie dalam suksesi Kerajaan Inggris. Pewaris urutan enam teratas cukup penting karena mereka harus meminta persetujuan kerajaan untuk menikah jika ingin tetap menjadi pewaris takhta.

7. Keluarga bisa menolak gelar

Menurut Letters Patent yang dikeluarkan oleh Raja George V pada tahun 1917, bayi kerajaan yang baru tidak akan menjadi pangeran. Sebaliknya anak Pangeran Harry dan Meghan Markle bisa mendapat gelar Lord Mountbatten-Windsor atau Earl of Dumbarton. Gelar itu merupakan gelar sekunder ayahnya yang digunakan di Skotlandia, kata pakar keturunan bangsawan William Bortrick.

Atau mereka punya opsi lain, yakni tidak memiliki gelar apa pun. Contohnya Putri Anne yang menolak gelar untuk anak-anaknya karena ingin memberikan kehidupan yang lebih normal kepada mereka.

8. Dia bisa memiliki nama yang tidak tradisional

Secara historis, keluarga kerajaan telah memberi penghormatan kepada kerabat dan leluhur dalam pemilihan nama generasi baru mereka. Beberapa yang jadi favorit saat ini termasuk Albert, Philip, dan Arthur untuk anak laki-laki.

Tetapi bukan berarti Meghan dan Harry akan mengikutinya. Tidak ada seorang pun petaruh yang memprediksi nama Puteri Eugenie sebelum kelahirannya pada tahun 1990, sehingga Meghan dan Harry masih bisa mengejutkan semua orang dengan pilihan nama yang tidak terduga untuk bayi mereka.