Bawaslu: Masa Kampanye Belum Dimulai, Paslon Belum Ditetapkan

Rekanbola – Masa pro dan kontra #2019GantiPresiden kembali bentrok di Surabaya, Jawa Timur tadi pagi. Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Edward Siregar menegaskan masa kampanye pemilihan presiden 2019 belum dimulai.

“Masa kampanye belum dimulai dan KPU belum menetapkan pasangan capres-cawapres,” katanya saat di hubungi Minggu 26 Agustus 2018.

Hingga saat ini capres-cawapres masih dalam tahap verifikasi kelengkapan persyaratan, dan masih dalam tahap bakal calon. KPU baru akan menetapkan capres-cawapres peserta Pemilu 2019 pada tanggal 20 September 2018 mendatang.

Bila saat ini terjadi gesekan antara masa pro dan kontra #2019GantiPresiden, Fitz meminta aparat kepolisian mengambil langkah tegas.

“Bawaslu meminta masing-masing pihak koalisi pendukung bakal capres-cawapres tetap menjaga keamanan. Karena Bawaslu tak bisa memberikan sanksi,” ujarnya.

“Kalau ada rusuh, polisi harus segera bertindak. Bawaslu hanya menghimbau agar masing-masing pihak tetap menjaga keamanan,” kata dia.

Sebelumnya aparat Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya terpaksa membubarkan aksi damai deklarasi #2019GantiPresiden yang berlangsung di pintu utama Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu pagi, 26 Agustus 2018, karena terjadi gesekan, Ahmad Dhani yang dijadwalkan hadir belum di lokasi.

Baca Juga:   BPN Prabowo Bela SBY yang Dikritik Kivlan Zen