Bedah Statistik: Mungkinkah Manchester United Merindukan Paul Pogba?

REKANBOLA – Hasrat Paul Pogba meninggalkan Manchester United tak lagi terbendung. Dia ingin bermain di Liga Champions, dan MU tidak bisa menyediakan kesempatan itu. Pogba merasa sudah waktunya mencoba tantangan baru di tempat lain.

Masa depan Pogba kian abu-abu dalam beberapa pekan terakhir. Kabarnya, Pogba sudah tidak betah mengenakan jersey Setan Merah karena kritik fans yang terlalu pedas. Dia sulit memaksimalkan potensinya dan mulai ragu apakah MU pantas menjadi klub yang mewadahi kemampuannya.

Beberapa hari lalu, pada salah satu acara promosi di Jepang, Pogba berkata: “Saya kira ini merupakan waktu yang bagus bagi saya untuk menjajal tantangan baru di tempat lain. Saya berpikir demikian,” tegas Pogba.

Komentar tersebut berarti Pogba bakal mendorong MU untuk melepasnya. Namun, jelas itu tidak akan mudah. MU hanya mau menerima 150 juta poundsterling untuk Pogba, untung besar dari biaya mereka mendatangkan Pogba dengan 93,25 juta pounds 2016 lalu.

Real Madrid dan Juventus menginginkannya. Dua klub itu lebih dari mampu memenuhi tuntutan harga MU. Artinya, hanya soal kerelaan MU melepas sang pemain. Pertanyaannya, dengan kondisi skuad yang sekarang, sanggupkah MU kehilangan Pogba?

Talenta Pogba tidak perlu diragukan. Pertanyaan terbesarnya adalah konsistensi. Jose Mourinho menginginkan kemampuan Pogba untuk menyerang wilayah sepertiga akhir lawan. Tentu dengan syarat Pogba harus bertahan sama baiknya.

Bersama Solskjaer, dia sedikit bebas. Pogba dibiarkan menari-nari menikmati permainan, membawa bola semaunya. Namun, jelang akhir musim 2018/19, performa Pogba kembali merosot.

Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya

Statistik Pogba

Statistik Pogba tidak cukup bagus. Dari 149 gelandang Premier League yang diukur musim lalu, Pogba berada di peringkat kedelapan soal waktu yang dihabiskan untuk berjalan kaki di lapangan (38,13 persen), dan berada di peringkat ke 141 soal rerata jangkauan jarak per 90 menit (10/61km).

Baca Juga:   Benfica Konfirmasi Tawaran 126 Juta Euro Atletico Madrid untuk Joao Felix

Kecepatan rata-rata Pogba juga buruk, hanya 6,56km/h, berada di peringkat ke-134. Secara defensif, Pogba hanya mencatatkan 0,54 intersep per pertandingan, yang berada di posisi ke-126 dari 149 gelandang Premier League.

Dia mencatatkan 1,14 tekel per pertandingan, posisi ke 113. Pun begitu, satu catatan bagus Pogba tercatat pada rata-rata duel dimenangkan dalam pertandingan: 7 duel per laga, peringkat ke-21.

Meski kemampuan defensif Pogba diragukan, keterlibatannya dalam mencetak gol cukup mumpuni. Pogba jelas harus digantikan. Di antara semua gelandang Premier League, Pogba berada di peringkat keempat perihal menit/gol, keempat dalam menit/keterlibatan gol, dan ketiga untuk tembakan/90 menit, serta kedua untuk tembakan tepat sasaran/90 menit.

Manchester United mungkin tidak merindukan Pogba dalam urusan bertahan, tapi jelas kepergian Pogba bakal membuat mereka kian sulit mencetak gol.