Berapapun usia Anda tetap bisa Kuliah

 

Rekanbola.com – Masihkah Anda memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ketingkat Sarjana tetapi belum dapat Anda realisasikan, padahal posisi pekerjaan Anda sekarang mengharuskan minimal harus S1. Sedangkan usia/umur Anda sudah tidak muda lagi.

Apakah usia Anda sekarang 25, atau 30 an, atau sudah 40 an, atau bahkan lebih dari 50 tahun? Berapapun usia Anda selama masih memiliki kemauan untuk terus belajar, Anda bisa tetap kuliah, karena memang tidak ada batasan umur dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi swasta (PTS), karena untuk ke perguruan tinggi negeri untuk S1 umumnya syarat usia untuk pendaftaran ada batasannya, yaitu tidak boleh lebih dari 3 tahun sejak Anda lulus.

Mengapa Harus Sarjana ?

Banyak orang sukses yang bukan sarjana, lalu mengapa harus menjadi sarjana? Terkadang memang tuntutan dunia kerja yang mengharuskan kita wajib/harus sarjana. Contoh: Bila Anda seorang guru, dan kebetulan mengajar di Sekolah Menengah Atas (SMA), tentunya Anda wajib mempunyai gelar S1, karena kalau murid Anda nantinya lulus, mereka akan sederajat dengan Anda yang juga lulusan SMA. Begitu juga dengan dosen, mereka wajib atau sudah mempunyai Ijazah S2, agar bisa mengajar di bangku perkuliahan S1.

Banyak faktor yang melatar belakangi keinginan untuk kuliah, tidak hanya faktor tuntutan dunia kerja, seperti Georgina Kiely yang justru ingin kuliah setelah pensiun dari seorang perawat, dan akhirnya berhasil lulus menjadi sarjana diusia 85 th, itu karena dia ingin melakukan sesuatu yang berharga dalam hidupnya.

 

Bagaimana Memilih Tempat Kuliah

Jika Anda saat ini masih bekerja dan tidak ingin keluar dari pekerjaan yang menjadi sumber penghasilan. Carilah tempat kuliah (kampus/universitas/institut/sekolahtinggi) yang membuka kelas karyawannya.

Pengalaman saya sendiri dan juga teman-teman saya, yang kebetulan mengambil kelas malam/karyawan dan sudah berhasil menjadi sarjana, dengan memilih kelas karyawan memiliki banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, diantaranya:

  • Kegiatan perkuliahan biasanya dilaksanakan pada malam hari senin-jum’at (jam 19.00-21.00 Wib), sedangkan di hari sabtu dilaksanakan dari pagi sampai sore hari, sehingga tidak menggangu urusan pekerjaan.
  • Dapat bertemu banyak orang yang juga sama-sama sudah bekerja. Hal ini menguntungkan Anda untuk membangun networking atau perluasan jaringan bisnis anda.
  • Waktu menyelesaikan kuliahnya sama dengan program reguler yang ada yaitu 3 – 4 tahun, tergantung keseriusan Anda dalam belajar.
  • Mata kuliahnya  sama dengan program reguler di kampus tsb. Cuma beda di waktu kuliahnya.
  • dan lain-lain,

Perguruan Tinggi yang membuka program perkuliahan karyawan menurut saya adalah perguruan tinggi yang hebat, yang peduli untuk ikut mencerdaskan bangsa sesuai amanat UUD’45

Selamat belajar, berani sukses meraih cita2 … itu baru hebat.

Recommended :

 

 

Facebook Comments