Bibiana Lee dan Indah Arsyad Pamer ‘Sengkarut Identitas’

REKANBOLA – Kolaborasi dua perupa cantik, Indah Arsyad dan Bibiana Lee sukses mempertunjukkan pameran bertajuk “id – Sengkarut Identitas”. Perhelatan seni dan budaya itu digelar di Galeri Nasional Indonesia.

Indah Arsyad dan Bibiana Lee menciptakan sebuah karya dalam narasi estetik yang berbeda dari biasanya, yakni menggali dunia politik. Namun, kolaborasi mereka ini saling mengisi dan melengkapi.

“Saya terlahir dari perkawinan orangtua yang berbeda etnis dan dari kecil sudah pindah ke kota besar Jakarta, kehidupan sebagai warga kosmopolitan dengan segala budaya, menghilangkan identitas saya dari orangtua saya,” ujar Indah.

“Awalnya saya tidak terlalu peduli dan biasa saja, sampai di usia saya sekarang, baru saya merasa kehilangan rantai akar budaya dari orang tua saya sendiri. Puncaknya adalah pada saat anak saya yang bersekolah di sekolah internasional datang kepada saya dan berkata ingin mengikuti les Bahasa Indonesia,” ucap Indah menyambung melalui keterangan tertulisnya.
Indah merepresentasikan karyanya dengan fotografi yang di-print diatas aklirik transparan, digrafir dengan simbol-simbol budaya mitos Jawa kuno yang memiliki arti tentang kehidupan manusia di jagad raya.

Simbol-simbol tersebut salah satunya ada rumah Jawa yang artinya kita akan aman dan damai di dalamnya. Ada juga simbol dari kepala raksasa yang artinya di dunia ini penuh dengan cobaan hidup. Simbol lainnya adalah harimau yang berarti nafsu dan amarah, serta simbol ular tentang kelicikan dari manusia.

Indah memanfaatkan karya-karya fotografi terdahulunya yang menyoroti tema politik identitas. Melalui karyanya, ia menyorot permasalahan identitas dari sudut yang lebih personal, yaitu kehilangan jati diri identitas warga kosmopolitan.

Baca Juga:   Kisah bocah 6 tahun jadi kurir pengantar barang ini bikin haru