Bikin Bangga, 5 Pelajaran Hidup Ini Hanya Akan Didapat Ketika Merantau

 

Rekanbola.com – Saat masih kecil, kamu pasti pernah berpikir untuk tinggal jauh dari rumah. Alasannya karena mau kehidupan yang bebas dan lebih mandiri. Setelah dewasa, kamu baru menyadari bahwa hidup jauh dari rumah dan keluarga, bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan.

Baca Juga :

15 ARTIS CEWEK MUDA KOREA PALING CANTIK DAN MENGGEMASKAN

Jadi anak rantau bukan hanya bebas melakukan apa saja sendiri, merantau punya arti lebih dari itu. Lantas apa saja hal yang akan didapatkan ketika menjadi anak rantau? Simak selengkapnya di bawah ini

1. Kamu akan lebih menghargai waktu

Bikin Bangga, 5 Pelajaran Hidup Ini Hanya Akan Didapat Ketika Merantau

Ketika pergi merantau, kamu akan mengerti bahwa waktu itu sangatlah berharga. Ketika pulang ke rumah, kamu akan mulai merasakan bahwa waktu bersama keluarga dan orang-orang tersayang sangatlah berharga.

Mengingat kamu gak akan setiap waktu bersama mereka, kamu jadi bisa menikmati dan memanfaatkan setiap momen dan kesempatan bersama.

2. Kamu paham uang bukanlah segalanya, tapi untuk bertahan hidup perlu uang

Bikin Bangga, 5 Pelajaran Hidup Ini Hanya Akan Didapat Ketika Merantau

Kamu tahu bahwa uang gak bisa menjamin kebahagiaan, tapi kamu juga paham bahwa hidup ini perlu biaya. Apalagi kamu yang sedang merantau, semuanya perlu perhitungan.

Kamu yang sudah menghasilkan uang sendiri tentu tahu bagaimana pahit manisnya bekerja di perantauan. Dan kamu yang masih diberi uang saku dari orang tua juga jadi tahu diri, bahwa uang yang diberikan untukmu adalah hasil kerja keras mereka. Kamu jadi mengerti kalau gak kerja artinya gak ada uang.

3. Kamu akan kenal orang-orang hebat yang bisa memberikanmu banyak pelajaran

Bikin Bangga, 5 Pelajaran Hidup Ini Hanya Akan Didapat Ketika Merantau

Saat merantau kamu juga gak hanya bertemu orang-orang yang berasal dari daerah yang sama. Di tanah rantau kamu akan punya kenalan dari berbagai macam daerah, suku, adat bahkan negara.

Baca Juga:   Kisah driver ojek online dapat penumpang mantan ini bikin hati teriris

Di sana kamu akan mengenal kultur dan watak masing-masing. Kamu harus bisa menyesuaikan jika mau bertahan diperantauan. Dari mereka pula kamu belajar banyak hal.

4. Kamu akan lebih jeli membedakan mana sekedar teman dan mana sahabat sebenarnya

Bikin Bangga, 5 Pelajaran Hidup Ini Hanya Akan Didapat Ketika Merantau

Menjadi anak rantau gak semuanya enak, tentu kamu akan merasakan suka dukanya hidup jauh dari orangtua. Ketika kamu sedang susah, kamu akan melihat siapa yang benar-benar peduli dan bisa kamu anggap sebagai seorang sahabat.

Kamu bisa membedakan mana yang baik dan mana yang hanya mau berteman ketika sedang senang saja. Ada banyak orang yang bisa diajak bersenang-senang, tapi gak semua orang mau berteman ketika susah.

5. Kamu akan paham bahwa sejauh mana pun pergi, rumah adalah tempat ternyaman

Bikin Bangga, 5 Pelajaran Hidup Ini Hanya Akan Didapat Ketika Merantau

Ketika datang hari besar seperti lebaran dan natal, kamu yang sedang diperantauan dan gak bisa pulang pasti sangat sedih. Momen yang harusnya jadi ajang bersilahturahmi bersama keluarga malah harus kamu habiskan di tanah rantau.

Dari hal ini kamu akan paham bahwa sejauh apapun pergi merantau, rumah tetaplah tempat yang selalu kamu rindukan. Tempat kamu menghabiskan masa kecil dan tumbuh menjadi dewasa.

5 hal diatas adalah segelintir pelajaran hidup ketika kamu pergi merantau. Masih ada banyak hal-hal lain yang akan kamu dapatkan ketika pergi dan tinggal jauh dari rumah. Untuk itu pergilah merantau setidaknya sekali seumur hidup, agar kamu mengerti bahwa ada banyak hal baik yang akan kamu dapatkan ketika melangkahkan kakimu dan keluar dari zona nyaman.

(Sumber :life.idntimes.com)

Baca Juga :

Baca Juga:   Eks Everton Ini Puji Van Dijk Sebagai Salah Satu Bek Terbaik Dunia