Bocoran Tanggal Peluncuran iPhone XS, XS Max, dan XR di Indonesia

REKANBOLA – Tanggal pasti kehadiran iPhone XR, iPhone XS dan iPhone XS Max di Indonesia sampai saat ini memang masih mengundang tanda tanya. Namun trio iPhone 2018 tersebut dikabarkan akan mulai dijual di Tanah Air pada akhir tahun ini.

Seorang sumber yang tak bersedia disebutkan identitasnya mengatakan trio iPhone 2018 akan dijual secara resmi di Indonesia pada Desember 2018 mendatang. Informasi ini pertama kali diungkap oleh blog spesialis produk Apple, MakeMac.com.

Beberapa gerai resmi Apple di Indonesia disebut memang tengah mempersiapkan peluncuran iPhone XR, iPhone XS dan iPhone XS Max sekaligus. Sudah ada beberapa karyawan yang mendapat pelatihan dan pengenalan ketiga produk tersebut.

Jika bocoran ini benar, maka jadwal ini serupa dengan kehadiran iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus di Indonesia pada akhir tahun lalu yakni dijual perdana mulai tanggal 22 Desember 2017.

Meski demikian, sumber tersebut masih belum membebebrkan tanggal penjualan perdana dan banderol harga iPhone 2018 di Indonesia. Ia pun tak menyebutkan apakah iPhone yang dibawa ke Indonesia adalah versi dengan slot dual-SIM atau versi e-SIM.

Apple secara resmi melakukan penjualan perdana trio iPhone 2018 di hampir sebanyak 30 negara mulai 21 September kemarin. Untuk kawasan Asia Tenggara, Singapura menjadi negara pertama yang disambangi.

Indonesia tidak masuk dalam daftar negara pertama yang disambangi perangkat ini. Pasalnya penjualan iPhone di Tanah Air tak dijual langsung lewat Apple Store melainkan melalui jalur distribusi pihak ketiga.

Dirangkum Rekanbola.com Tekno dari MakeMac.com, Selasa (25/9/2018), inilah yang menyebabkan kehadiran iPhone di Indonesia sedikit lebih lambat daripada tanggal penjualan Apple secara global.

Baca Juga:   Huawei Bantah Kabar Pangkas Produksi Sejumlah Smartphone

Kendati demikian, sejak 2017 lalu, produk Apple bisa masuk lebih cepat karena adanya kerja sama Apple dengan pemerintah Indonesia lewat adanya fasilitas R&D sebagai jalur untuk memenuhi TKDN minimum 30 persen yang diwajibkan oleh pemerintah.

Apple sendiri meresmikan tiga lini iPhone pada pertengahan September lalu. Masing-masing dinamai iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

iPhone XS dan iPhone XS Max merupakan penerus dari iPhone X yang dirilis tahun lalu. Peningkatannya mencakup prosesor A12 Bionic yang pertama dengan arsitektur 7 nm, kamera ganda 12 megapiksel (wide dan tele), serta mendukung dual-SIM.

Sementara iPhone XR sebenarnya mengusung spesifikasi dan desain yang tak terlalu jauh berbeda. Hanya saja, smartphone ini dibanderol harga lebih murah, sehingga ada beberapa keunggulan iPhone XS dan XS Max yang tak ditemui pada ponsel ini.