Boleh atau Tidak Seorang Ibu Hamil Mengonsumsi Makanan Pedas?

REKANBOLA – Salah satu pantangan yang biasa dijalani oleh seorang ibu hamil adalah tidak mengonsumsi makanan pedas. Hal ini ditakutkan dapat membuat janin menjadi kepanasan ketika di perut.

Namun ketakutan ini sesungguhnya tidak berdasar dan seorang ibu hamil diperbolehkan untuk tetap mengonsumsi makanan pedas. Dirangkum dari berbagai sumber, hal ini diperbolehkan selama masih dalam batas wajar.

Secara medis, tidak ada hubungan antara makanan pedas dan perkembangan janin. Para ahli telah sepakat bahwa ibu hamil diperbolehkan mengonsumsi makanan pedas.

Akan tetapi yang harus diingat adalah makanan pedas dapat mengakibatkan tingginya ‘morning sickness’ alias rasa mual, sakit perut, atau muntah akibat perubahan kadar hormon terhadap ibu hamil. Meskipun diperbolehkan mengonsumsi makanan pedas, alangkah baiknya diimbangi juga dengan makanan lain yang memang dibutuhkan oleh bayi dalam kandungan.

Jika memang kamu terpaksa atau tak bisa menahan mengonsumsi makanan pedas saat hamil, sebaiknya jangan memakannya sebagai camilan. Kamu harus memakannya sebagai makanan utama.

Hal yang harus diingat ketika melakukannya adalah jangan mengonsumsinya di malam hari. Pasalnya hal ini dapat menimbulkan reaksi berupa rasa mulas pada pagi harinya.

Setelah mengonsumsi makanan pedas, segera netralisir lambung dengan susu. Kondisi asam lambung setelah mengonsumsi makanan pedas dapat dinetralisir kembali dengan susu.

Baca Juga:   Wanita yang Suka Bangun Pagi Lebih Jarang Kena Depresi