Boleh Enggak Sih Mendengarkan Musik saat Ramadan?

Rekanbola – Ramadan adalah masa di mana umat Islam selama sebulan penuh menjauhkan diri dari makan, minum, merokok dan bercinta di siang hari.

Setelah itu, umat Islam akan merayakan Idul Fitri sebagai bentuk kemenangan karena berhasil menahan hawa nafsu selama satu bulan.

Selain kebiasaan makan, minum, dan berhubungan seks tidak diperbolehkan pada siang hari di bulan Ramadan, muncul pertanyaan soal mendengarkan musik selama Ramadan, dilarang atau tidak?

Dilansir dari Metro, subjek musik dalam Islam adalah hal yang rumit. Beberapa orang mengartikan bahwa Alquran melarang musik karena menyesatkan manusia dari jalan Allah. Akibatnya, beberapa orangtua melarang buah hatinya mengikuti kelas musik di sekolah.

Kendati demikian, sebagian lagi menafsirkan bahwa Alquran tidak melarang musik. Memang musik tidak pernah disebut haram.

Karena itu, beberapa Muslim mengatakan tidak masalah mendengarkan musik selama Ramadan. Namun tidak disarankan bermain atau mendengarkan musik dengan suara keras atau mengemudi sambil mendengarkan musik bersuara keras.

Ilustrasi-Mendengarkan musik

Meski soal mendengarkan musik ada beragam penafsiran. Namun Gambia pada beberapa tahun lalu atau ketika masih bernama Republik Islam Gambia, melarang mendengarkan musik, menari dan main drum selama bulan suci. Bahkan jika ketahuan melakukan larangan itu, bisa dipolisikan.

“Masyarakat mematuhi larangan main drum dan menari selama bulan Ramadan dan sejauh ini tidak ada satu orang yang ditangkap oleh polisi karena melanggar,” kata juru bicara polisi Lamin Njie, seperti dilansir dari Aljazeera.

Tidak hanya di siang hari, musik, tarian dan main drum juga dilarang pada malam hari. Kepolisian Gambia menegaskan bahwa mereka tidak akan kompromi bagi siapapun yang melanggarnya.

Baca Juga:   Dalam Sebulan, Nilai Sekeping Bitcoin Anjlok Rp 28 juta

“Jika melanggar, mereka akan ditangkap dan menghadapi kekuatan hukum penuh tanpa kompromi,” ujarnya.

Terkait hukum mendengarkan musik saat Ramadan, menurut ustazah kondang Dedeh Rosidah alias Mamah Dedeh adalah hal yang diperbolehkan. Hal itu bukan sesuatu yang haram atau dilarang untuk dilakukan.

“Boleh saja (mendengarkan musik), enggak haram,” ujar Mamah Dedeh kepada VIVA.

Mamah Dedeh

Meski begitu, menurutnya, tetap ada pakem-pakem yang harus dijalani oleh umat Islam. Dia menekankan pentingnya tetap beradab baik ketika mendengar musik.

“Asal jangan joget-joget di depan umum. Jangan sampai berlebihan bereaksi saat mendengar musik,” katanya.

 

(Sumber : viva.co.id)