Bolehkah Tukar Cincin Usai Akad Nikah?

RekanBola.com –

Sebagian masyarakat mungkin melakukan tukar cincin ketika menikah. Masing-masing mempelai akan memasangkan cincin di jari manis tangan kanan pasangannya.

Ada juga sebagian saudara Muslim bertukar cincin usai menjalani prosesi akad nikah. Ini dilakukan karena memperhatikan adanya larangan untuk bersentuhan kulit antara pria dan wanita bukan mahram yang belum diikat tali pernikahan.

Apakah sebenarnya hukum dari tukar cincin ini?

Dikutip dari rubrik Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama, prosesi tukar cincin sebenarnya hanya sebuah seremonial tambahan saja. Dalam syariat Islam, prosesi ini sama sekali tidak dikenal.

Meski begitu, bukan berarti tukar cincin lantas diharamkan. Para ulama pun memberikan toleransi jika umat Islam ingin menjalankan prosesi ini di acara pernikahannya.

Namun demikian, ada syarat yang tidak boleh dilanggar oleh mempelai pria yaitu tidak boleh memakai perhiasan emas. Padahal, biasanya cincin yang digunakan kerap menggunakan emas.

Larangan ini sudah menjadi kesepakatan ulama, meski ada sebagian kecil yang membolehkan. Hal ini dijelaskan oleh Muhyiddin Syarf An Nawawi dalam kitab Al Minhaj Syarhu Shahihi Muslim bin Al Hajjaj.

” Kaum Muslim sepakat atas kebolehan perempuan memakai cincin emas dan mengharamkannya untuk laki-laki kecuali pendapat yang diriwayatkan dari Abi Bakr Muhammad bin Umar bin Muhammad bin Hazm yang membolehkannya dan dari sebagian ulama yang menganggap makruh bukan haram.”

Apabila tetap ingin ada prosesi tukar cincin, sebaiknya ada pembicaraan lebih dulu antara mempelai laki-laki dengan pihak perempuan. Misalnya, mempelai wanita memakai cincin emas, sementara mempelai pria memakai kuningan, untuk menghindari larangan yang sudah ditetapkan.

Berita Menarik Lainnya :

Hadapi Lin Dan, Jonatan Dituntut Pede

WhatsApp Sempurnakan Fitur Voice Notes, Seperti Apa?

Elsya Agnesya Best Hot Di Blackshot

Ini 5 zodiak yang terkenal paling kepala batu

Huawei Ejek iPhone X Saat Pengumuman Mate 10

Hasil gambar untuk MInion logo

 

Baca Juga:   Cocoklogi 10 film India dengan kalimat mutiara ini bikin ketawa renyah