BOPI Diminta Segera Verifikasi Klub Liga 1

Rekanbola.com – Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) diminta secepatnya melakukan verifikasi kepada klub-klub peserta Liga 1. Permintaan tersebut diajukan oleh pihak Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Sebelumnya, PSSI telah mengumumkan bahwa Liga 1 akan mulai kick off pada 15 April 2017. Namun, hingga saat ini BOPI belum juga melakukan proses verifikasi.

Oleh sebab itu, Kemenpora meminta BOPI agar segera melakukan proses verifikasi sebelum kompetisi digulirkan. Mereka diminta memeriksa banyak aspek, di antaranya legalitas klub, Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) pemain asing, hingga masalah finansial.


“Kalau untuk Liga 2 dan Liga 3 (Liga Nusantara) tidak dilakukan verifikasi karena kami menilai liga 2 bukan profesional. Harapannya secepatnya diverifikasi karena ini terus berjalan. Jangan sampai sudah mepet dan banyak toleransi,” ujar Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto.

Gatot lalu memberikan keterangan mengapa Liga 2 tidak diverifikasi meski ada anggapan bahwa liga tersebut termasuk profesional. Menurutnya, pemerintah hingga kini belum mendapatkan definisi yang jelas terkait status tersebut.

“Kalau memang liga 2 itu profesional harusnya ada definisi yang jelas. Liga 1 definisinya apa? Liga 2 definisinya apa? Tetapi kami saja belum menerima selembar surat bahwa mereka melaporkan ada kompetisi. Kami tahunya justru dari pihak media,” tuturnya.

“Makanya, harapan kami melalui kesempatan ini PSSI harus berhadapan dengan BOPI. Ini bukan kompetisi yang dikecualikan. Misalnya, oh, ini liga 1 berbeda dengan dulu. Tidak, ini sama. Cuma dengan gaya komunikasi sekarang (harusnya) bisa lancar,” pungkas Gatot.

 

Baca Juga :

  1. Timnas U-22 Punya Agenda Uji Coba Lawan Tim Lokal
  2. Diego Simeone Tak Ingin Anaknya Masuk Tim Yang Dia Latih
  3. Agen Angkat Bicara Soal Kesepakatan Griezmann dan MU
Facebook Comments