BPBD: Masih Ada Titik Api di Ciremai

Rekanbola Titik api yang membakar kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai belum padam dan saat ini tim terus berupaya memadamkan, kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Agus Mauludin.

“Api masih terpantau menyala di Gunung Dulang dan sudah melewati blok Sirum menuju Sigedong serta hutan alam,” kata Agus di Kuningan, Selasa (9/10).

Untuk api yang di Gunung Dulang, kata Agus terus merambat ke daerah sekitarnya dan hingga kini belum bisa dikendalikan. Selain itu lanjut Agus, masih terpantau juga kepulan asap di beberapa titik daerah yang sudah hangus terbakar dan saat ini tim terus berupaya agar api benar-benar padam.

“Semua kita tangani, baik yang masih menyala maupun ada kepulan asapnya. Kami ingin semua benar-benar padam,” tuturnya.

Menurutnya hingga hari ke-10 kebakaran kawasa hutan TNGC telah menghanguskan kurangn lebih 900 hektare dan itu akan bertambah seiring api masih belum bisa dipadamkan.

Saat ini juga kata Agus, tim gabungan terus bergerak berupaya memadamkan api, agar tidak merambat ke daerah puncak dan sekitarnya.

Namun memang pemadaman belum maksimal, karena keterbatasan alat pemadam kebakaran dan sulitnya medan yang terbakar.

“Kendalanya kita di lokasi kebakaran, karena di sana itu dipenuhi alang-alang dan perdu yang mengering sehingga mudah sekali terbakar,” ujarnya.

Selain itu, kawasan bebatuan dan angin bertiup agak kencang, menjadi kendala pemadaman, lanjutnya.

Kebakaran kali ini termasuk yang lama, karena sudah 10 hari lamanya, namun api masih belum bisa dipadamkan.

Baca Juga:   Ada Artis Berkasus Sabu, Sandiaga: Kita Jangan Mau Dirusak Narkoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *