BPBD Sosialisasikan Terbentuknya Kubah Lava Baru di Puncak Merapi

Rekanbola – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan terbentuknya kubah lava baru di Puncak Gunung Merapi.

“Kita sudah sosialisasikan terkait pembentukan kubah lava baru ini kepada masyarakat,” kata Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto, di kantor BPBD, Senin (20/8).

Baca JugaWarga Berdatangan ke RS Lapangan Pascagempa Lombok

Selain itu, kata Edi, pihaknya juga melakukan persiapan dan langkah antisipasi, jika sewaktu-waktu Gunung Merapi meletus.

“Kita siapkan pula seluruh sumber daya, baik manusia maupun alat,” katanya.

Edi menambahkan, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta untuk menentukan langkah konkrit selanjutnya usai ada pembentukan kubah lava baru.

“Pertemuan ini penting, mengingat, sesuai informasi dari BPPTKG, adanya kubah lava baru bisa berpotensi menuju erupsi. Dan jika terjadi letusan, diperkirakan efusif,” ungkap Edi.

Meski demikian, Edi juga menghimbau warga untuk tetap tenang sambil terus meningkatkan kewaspadaan.

“Sesuai rekomendasi dari BPPTKG, kawasan steril dari aktivitas penduduk masih radius 3 kilometer dari puncak Merapi. Kami minta masyarakat untuk mematuhi himbauan tersebut,” kata Edi.

Baca Juga:   Polisi Tangkap Pembunuh Petani Blora yang Tewas dengan Luka Gorok