Brasil dan 9 Adu Penalti di Copa America

REKANBOLA – Tuan rumah Brasil berhasil menyingkirkan Paraguay di babak perempat final Copa America 2019, Jumat (28/6). Namun Brasil butuh adu penalti untuk melakukannya, setelah hanya imbang 0-0 sepanjang waktu normal.

Statistik mencatat bahwa Brasil sudah sembilan kali memainkan adu penalti di Copa America. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan tim-tim lainnya.

Brasil sejatinya memiliki banyak peluang, terutama setelah Paraguay kehilangan bek sentral Fabian Balbuena yang dikartu merah langsung pada menit 58, tapi tak mampu menuntaskannya di waktu normal. Skor 0-0 selama 2×45 menit, pertandingan langsung berlanjut ke babak adu penalti, dan Brasil menang 4-3.

Sepanjang sejarah Copa America, Brasil adalah tim yang paling terlibat adu penalti. Hingga kini, mereka sudah sembilan kali memainkan adu penalti, melewati Uruguay dan Argentina yang masing-masing delapan kali terlibat adu penalti.

Dari sembilan adu penalti yang telah mereka mainkan di Copa America, Brasil mencatatkan lima kemenangan dan empat kekalahan. Sebelum ini, dua kekalahan adu penalti terakhir Brasil semuanya melawan Paraguay di perempat final edisi 2011 dan 2015.

Bagi Brasil, kemenangan adu penalti di Arena do Gremio Porto Alegre tadi adalah bentuk pembalasan pada Paraguay.

11 Kali Imbang

Termasuk di edisi ini, Brasil dan Paraguay sudah 11 kali bermain imbang di Copa America; lebih banyak dibandingkan partai-partai lainnya.

Empat pertemuan terakhir Brasil dan Paraguay di Copa America selalu berkesudahan seri. Tiga yang terakhir bahkan selalu berlanjut ke adu penalti.

Di edisi 2011 dan 2015, juga di babak perempat final, Brasil disingkirkan Paraguay lewat adu penalti. Kali ini, di babak yang sama, ganti Brasil yang mengeliminasi mereka lewat adu penalti.

Baca Juga:   Rooney: Satu-satunya Kesalahan Klopp adalah Gabung Liverpool!

Brasil lolos ke semifinal, di mana mereka akan menghadapi salah satu dari Venezuela atau sang rival abadi Argentina.