Brasil vs Paraguay, Roberto Fernandez Kunci Perlawanan Alot La Albirroja

REKANBOLA – Tuan rumah Brasil mengeliminasi Paraguay di babak perempat final Copa America 2019, Jumat (28/6). Namun Brasil tidak mendapatkan kemenangan ini dengan cara mudah. Mereka terlebih dahulu menguras energi untuk mengakhiri perlawanan alot La Albirroja.

Brasil mendominasi pertandingan dan menciptakan banyak peluang, terutama setelah Paraguay kehilangan bek sentral Fabian Balbuena yang dikartu merah langsung pada menit 58. Hanya saja, Brasil tak mampu mengoyak gawang Paraguay. Kiper Roberto Fernandez menetralisir semua peluang emas Brasil dan memastikan tak ada gol yang tercipta sepanjang waktu normal.

Brasil baru bisa memastikan kelolosan mereka setelah menang adu penalti dengan skor 4-3.

Sepanjang waktu normal, Brasil mendominasi dengan penguasaan bola mencapai 70% dan unggul telak jumlah tembakan 26 berbanding 5. Dari 26 tembakan itu, 8 di antaranya tepat mengarah ke gawang Paraguay.

Namun 8 shots on target Brasil lewat Philippe Coutinho (2), Dani Alves, Thiago Silva, Arthur, Everton, Roberto Firmino dan Alex Sandro tersebut semuanya mentah oleh Fernandez di bawah mistar. Kiper 31 tahun Paraguay dari klub Botafogo itu mencatatkan 8 penyelamatan.

Sebanyak 8 penyelamatan Fernandez saat melawan Brasil itu sendiri merupakan sebuah prestasi yang hebat.

Kiper dengan nama lengkap Roberto Junior Fernandez Torres atau yang akrab dipanggil ‘Gatito’ itu tampil gemilang selama 2×45 menit. Ketangguhannya sempat membuat Brasil merasa frustrasi. Namun dia harus menyerah di adu penalti.

Dari lima algojo Brasil, hanya Roberto algojo ke-4 Roberto Firmino yang eksekusinya melenceng dari sasaran. Empat algojo lainnya, yakni Willian, Marquinhos, Coutinho serta Gabriel Jesus, sukses mengecoh Fernandez dan membawa Brasil ke empat besar.

Baca Juga:   Bocoran! Dybala dan Sejumlah Pemain Juventus Siap Hengkang!

Brasil lolos ke semifinal, di mana mereka akan menghadapi salah satu dari Venezuela atau sang rival abadi Argentina.