Buat Apa Beli Bernd Leno Lalu Dicadangkan, Emery?

REKANBOLA – Pelatih anyar Arsenal, Unai Emery, menjadi sorotan setelah kekalahan timnya atas Manchester City (0-2) di laga pembuka Premier League 2018/19, Minggu (12/8) malam WIB lalu. Kala itu permainan Arsenal memang masih belum sempurna, taktik Emery tampak sulit dilakukan pemain-pemain Arsenal.

Salah satu ciri khas gaya bermain Emery adalah memulai serangan dari belakang. Di laga tersebut, terlihat Petr Cech berulang kali menyentuh bola, memulai permainan dengan bola-bola pendek. Cech bahkan mencatatkan lebih banyak umpan di laga tersebut dibanding seluruh laga musim lalu.

Namun, di sinilah letak permasalahannya. Cech ternyata masih belum terbiasa bermain sebagai sweeper-keeper, mantan kiper Chelsea ini berulang kali membuat kesalahan. Bahkan beberapa di antaranya nyaris berbuah gol bunuh diri.

Emery pun dikritik karena tak berani memilih Bernd Leno, kiper anyar yang seharusnya lebih baik memainkan peran tersebut. Baca lanjutannya di bawah ini:

Risiko

Risiko

Mantan striker Chelsea, Chris Sutton memahami maksud Emery. Dia percaya taktik tersebut memang merupakan salah satu bukti perkembangan sepak bola. Namun, di sisi lain dia mempertanyakan keputusan Emery yang sudah menghabiskan banyak uang untuk mendatangkan Leno dan hanya menempatkannya di bangku cadangan.

“Saya pikir beberapa kiper lebih baik dari yang lain (dalam membangun permainan). Saya bahkan berpikir ini adalah keputusan besar, memilih Petr Cech daripada Leno,” tegas Sutton dikutip dari express.

“Mereka menghabiskan 22 juta euro untuk kiper dan dia akan duduk di bangku cadangan. Saya pikir musim lalu Petr Cech tak begitu bagus.”

Tidak Tepat

Tidak Tepat

Lebih lanjut, Sutton juga meyakini permainan Arsenal cukup berisiko. Dia percaya Emery harus berani mengambil keputusan dan mengesampingkan status Cech demi menghasilkan tim yang kuat dan bermain seperti yang dia inginkan.

Baca Juga:   Pembelaan untuk Video Griezmann

“Jadi saya pikir ini (memilih Cech) adalah risiko besar jika Arsenal akan bermain seperti itu dan Emery ingin mereka bermain dari belakang.”

“Namun jelas dia tak meminta Petr Cech untuk mengacaukan permainan seperti yang dia perbuat. Ini menarik. Saya pernah membaca di koran bahwa Emery mendukung Cech sebagai kiper utamanya, saya pikir itu tak tepat,” tandas dia.

Baca Juga :