Bukan Avanza, Fortuner Buatan Karawang Lebih Laris di Luar Negeri

Rekanbola – Toyota Avanza telah bertahun-tahun menyandang predikat sebagai mobil terlaris di Indonesia. Laris di Indonesia, belum tentu mobil itu juga laris di negeri orang. Mobil ‘Made in Indonesia’ terlaris di luar negeri adalah Fortuner bukan Avanza.

Fortuner yang diproduksi sendiri oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia ini sudah terjual 22.957 unit sepanjang Januari hingga Juni 2018. Sementara Avanza hanya 18.320 unit saja.

Padahal untuk memenuhi pasar Indonesia, Avanza sudah menjual 39.455 unit sepanjang enam bulan pertama tahun 2018, sedangkan Fortuner tidak mencapai setengahnya hanya 9.072 unit.

Negara yang paling banyak memesan Fortuner buatan Karawang ini adalah Timur Tengah, mulai dari Arab Saudi, Lebanon, Kuwait, Oman, dan beberapa negara lain.

Berbeda dengan Fortuner, Avanza justru diminati oleh negara-negara di kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Kamboja, dan sederet negara di wilayah Amerika Latin.

Sebagai informasi Avanza bukan diproduksi oleh Toyota melainkan Daihatsu di pabrik Karawang. Daihatsu juga memproduksi model mobil lain dari Toyota selain Avanza misalnya Rush, Agya, juga Calya.

 

( Sumber : detik.com )

Baca Juga:   Cerita di Balik Yamaha RX King Senilai Ratusan Juta Rupiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *