Bukan Hal Serius, Cakram Mobil Berkarat Wajar Terjadi

REKANBOLA – Untuk menghentikan laju mobil, rem bertanggung jawab akan hal tersebut. Maka ada saja yang khawatir ketika piringan atau cakram berkarat, dapat memengaruhi kinerja rem.

Sebenarnya hal itu wajar, umumnya cakram mobil terbuat dari baja yang rentan korosi. Seperti yang disampaikan Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi.

Disk brake kelihatan seperti berkarat sebenarnya bukan karat yang korosif. Namun initialkarat, yang terjadi karena oksidasi material besi dan air atau udara,” ujarnya kepada VIVA, Minggu 16 Juni 2019.

Dia mengatakan, cakram mobil terbuat dari besi cair yang sengaja tidak diberikan cat. Jika diberikan cat atau pelapis anti karat yang tidak sesuai, akan mengurangi koefisien gesek dengan kanvas rem.

Dan itu (karat) tidak berpengaruh ke pengereman, warna coklat tersebut akan hilang dengan beberapa kali pengereman,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi. Menurutnya, wajar timbul karat di cakram karena terbuat dari besi dan langsung terpapar air, kotoran.

“Mudah berkarat karena materialnya dari baja cor, baja tuang, namun tidak memengaruhi efek pengereman. Karena karat tersebut akan terkikis oleh brake pad atau kanvas rem,” kata Didi.

 

Baca Juga:   Suzuki Produksi GSX-R1000 Tim Buildbase Replika, Hanya ada 50 Unit