Bukan USB Biasa, Alat Ini Bisa Mendiagnosis HIV Kurang dari 30 Menit

NEXIABET  – Sekilas alat ini tampak seperti USB biasa. Tapi USB yang satu ini punya kemampuan istimewa karena bisa mendiagnosis HIV hanya dalam waktu 30 menit. Yuk lihat penampakannya baik-baik.

Adalah para ilmuwan di Imperial College London dan DNA Electronics mengembangkan alat baru untuk memudahkan diagnosis HIV. Mereka hanya perlu setetes darah untuk mendiagnosis HIV. Selanjutnya mereka menciptakan sinyal listrik yang dapat dibaca oleh komputer, laptop ataupun perangkat genggam.

Cara kerjanya adalah dengan menaruh sedikit sampel darah di stik USB. Jika sampel darahnya mengandung virus HIV, maka akan memicu perubahan keasaman yang kemudian mengubah chip dalam USB tersebut menjadi sinyal listrik. Setelah dikoneksikan ke perangkat elektronik yang sudah diprogram, maka akan terbaca hasilnya.

Penelitian yang telah dipublikasikan di Scientific Reports ini menunjukkan perangkat tersebut tidak hanya sangat akurat, tetapi bisa memberikan hasil tes hanya dalam waktu singkat. Peneliti mengklaim, dengan alat ini, kurang dari 30 menit hasil diagnosis sudah bisa keluar. Demikian dikutip dari press release yang dikeluarkan Imperial College London.

8c6d040b-3f8e-4cc0-9029-113e604efc2d_43

Alat ini sebelumnya telah diuji menggunakan 991 sampel darah dengan tingkat akurasi 95 persen. Rata-rata waktu yang diperlukan untuk mendapat hasilnya adalah 20,8 menit.

Teknologi baru ini bisa memonitor jumlah virus HIV dalam aliran darah. Karena itu bisa pula digunakan pasien HIV untuk memantau pengobatan mereka sendiri secara teratur dan simpel. Temuan ini diharapkan memudahkan bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil, di mana akses ke fasilitas pengecekan virus HIV tidak mudah.

dr Graham Cooke, peneliti senior dari Department of Medicine di Imperial College mengatakan pengobatan untuk HIV telah mengalami peningkatan dalam 20 tahun terakhir. Sehingga telah banyak pasien dengan HIV-AIDS yang kini memiliki harapan hidup lebih baik.

Akan tetapi menurut dr Cooke, pemantauan virus HIV dalam diri seseorang sangat penting untuk mendukung keberhasilan pengobatan. “Saat ini pengujian seringkali membutuhkan peralatan yang mahal dan kompleks, serta butuh waktu beberapa hari untuk mendapatkan hasilnya. Tapi sekarang kami sudah mengambil alih pekerjaan itu, yang dulu dilakukan mesin seukuran mesin fotokopi besar kini bisa dilakukan oleh chip USB,” paparnya.

Tak cuma itu, peneliti juga tengah menyelidiki apakah perangkat ini bisa digunakan untuk menguji virus lain seperti hepatitis. Dari ide yang sama, tengah dikembangkan juga perangkat untuk mendeteksi sepsis jamur dan bakteri yang resisten terhadap antibiotik.

Facebook Comments