Bulu Tangkis Malaysia Gagal Total, Lee Chong Wei Tak Enak Hati

Rekanbola – Untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, Malaysia akan mengakhiri musim tanpa ada pemain yang menempati peringkat 10 besar dunia di empat sektor, yakni tunggal putra, ganda putra, tunggal putri dan ganda putri yang menunjukkan betapa mundurnya bulu tangkis Malaysia musim ini.

Hanya pasangan ganda campuran Chan Peng Soon/Goh Liu Ying yang kini berada di peringkat 10 besar dunia, namun keduanya beberapa waktu memutuskan lalu keluar dari tim nasional untuk menjadi pemain profesional.

Mantan pemain peringkat 1 dunia, Lee Chong Wei merosot ke peringkat 15 dunia dalam peringkat terbaru pekan ini, namun penurunan itu bisa dimengerti karena sang pemain belum berkompetisi di turnamen apa pun sejak melaju hingga semifinal di turnamen Indonesia Open 2018 World Tour Super 1000 pada bulan Juli lalu setelah didiagnosis menderita kanker hidung.

Chong Wei dan Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie adalah satu-satunya pemain Malaysia yang memenangkan gelar utama tahun ini ketika mereka menjuarai Malaysia Open dan Singapore Open 2018.

Kecuali Soon Huat/Shevon dan Peng Soon/Liu Ying, para pemain Malaysia lainnya gagal lolos ke putaran final BWF World Tour Finals 2018 beberapa waktu lalu di Guangzhou, China. Tentunya ini adalah kesuraman bagi bulu tangkis Malaysia jika dibandingkan dengan tahun-tahun awal Super Series Finals di musim 2008 dan 2009 ketika Malaysia berhasil menjadi pemenang.

Malaysia gagal di Final Piala Thomas, Kejuaraan Dunia, dan Asian Games tahun ini. Satu-satunya hasil terbaik adalah memenangkan dua medali emas di Commonwealth Games di Gold Coast, Australia pada bulan April lalu, namun itu juga tidak mendapatkan simpati dari publik Malaysia karena mereka gagal memenuhi target tiga emas setelah kalah dari tim kuat seperti India dan Inggris.

Baca Juga:   Ketika Federer Akan Bertarung dengan Serena Williams

Chong Wei mengatakan posisi Malaysia di peringkat dunia menggarisbawahi tidak produktifnya para pemain pada tahun 2018.

“Saya merasa tidak enak karena tidak bisa membantu bulu tangkis Malaysia karena saya sendiri tidak memiliki tahun yang baik. Penyakit (kanker) membuat saya harus beristirahat,” kata Chong Wei.

Peraih tiga kali medali perak Olimpiade itu kini telah pulih dari penyakitnya, namun diprediksi paling awal ia dapat kembali latihan adalah pada bulan Januari.

“Secara keseluruhan, ini bukan tahun yang baik untuk Malaysia. Para pemain kami tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Ada satu atau dua hasil bagus namun negara-negara lain benar-benar melakukannya dengan baik,” tegasnya.