Inilah kisah Minke dan Annelies. Cinta yang hadir di hati Minke untuk Annelies, membuatnya mengalami pergulatan batin tak berkesudahan. Dia, pemuda pribumi, Jawa totok. Sementara Annelies, gadis Indo Belanda anak seorang Nyai.

Bapak Minke yang baru saja diangkat jadi Bupati, tak pernah setuju Minke dekat dengan keluarga Nyai, sebab posisi Nyai di masa itu dianggap sama rendah dengan binatang peliharaan.

Namun Nyai yang satu ini, Nyai Ontosoroh, ibunda Annelies, berbeda. Minke mengagumi segala pemikiran dan perjuangannya melawan keangkuhan hegemoni bangsa kolonial.

Bagi Minke, Nyai Ontosoroh adalah cerminan modernisasi yang kala itu sedang memulai geliatnya.

Ketika keangkuhan hukum kolonial mencoba merenggut paksa Annelies dari sisi Minke, Nyai Ontosoroh pula yang meletupkan semangat agar Minke terus maju dan memekikkan satu kata, “Lawan!”

Baca Juga:   VENOM (IMAX 2D)

Review :
Jika ini adalah karya sastra yang hebat, keagungannya luput dari perhatian saya. Tapi saya menikmati buku itu, belajar sedikit tentang sejarah Indonesia dan membayangkan seperti apa kehidupan bagi penduduk asli di bawah pemerintahan kolonial Belanda.

Cukup mengerikan sebagai karya fiksi sastra (atau terjemahan yang benar-benar mengerikan dari sebuah mahakarya?), Tetapi menarik sebagai dokumen antropologis Jawa zaman kolonial.

Bumi Manusia ini adalah novel pertama Kuartet Buru, disebut demikian karena disusun ketika Pramoedya Ananta Toer adalah seorang tahanan politik di Pulau Buru pada tahun 60an. Saya katakan ‘disusun’ daripada ‘ditulis’ karena versi pertama itu diceritakan secara lisan kepada sesama tahanan. Dia tampaknya baru saja menyelesaikan penelitian dan perencanaan ketika dia ditangkap dan semua catatan serta bukunya dihancurkan.

Director : Hanung Bramantyo
Writer : Salman Aristo
Stars : Iqbaal Ramadhan, Mawar De Jongh, Ine Febriyanti, Donny Damara, Ayu Laksmi, Bryan Domani, Giorgino Abraham, Chew Kin Wah
Genre : Drama
Duration : 3 jam 1 menit
Rating IMDb : 8.2/10

Ayo Nonton Bumi Manusia Subtitle Indonesia di BioskopGaul , Layarkaca21indo dan Indoxx1