Bursa Diretas Hacker, Harga Bitcoin Anjlok ke Rp 94,24 Juta

Rekanbola – Peretasan bursa penukaran mata uang digital (cryptocurrency) kembali terjadi. Kali ini peretasan dilakukan pada Coinrail, bursa penukaran asal Korea Selatan.

Dalam cuitan di Twitter resmi perusahaan, Bursa penukaran ini mengaku telah diretas oleh sekelompok hacker. Namun tak menyebutkan kerugian akibat kejahatan siber tersebut.

Mata uang digital yang banyak dicuri adalah Pundi X, mata uang digital yang paling banyak diperdagangkan di Coinrail.

Kejadian ini menekan harga Bitcoin Cs. Bahkan kapitalisasi pasar Bitcoin menguap hingga 50% karena aksi peretasan tersebut.

Mengutip Coinbase, hingga Senin (11/6/2018) pukul 11.26 WIB, harga Bitcoin telah jatuh ke level US$6,780/koin atau setara Rp 94,242 juta (asumsi US$1 = Rp 13.900). Dalam 24 jam terakhir harga Bitcoin telah turun. 7,31%. Harga ini menjadi harga terendah dalam dua bulan terakhir.

Selain masalah ini, pada Jumat lalu, The Wall Street Journal, melaporkan regulator Amerika Serikat sedang menyelidiki atas adanya potensi manipulasi harga cryptocurrency pada empat bursa penukaran utama: Bitstamp, Coinbase, itBit dan Kraken, seperti dilansir dari CNBC.

Otoritas bursa berjangka Amerika Serikat, CME tidak segera menanggapi permintaan keterangan dari CNBC pada Minggu malam.

 

 

 

(Sumber : cnbcindonesia.com)

Baca Juga:   Honor MagicBook, Laptop Super Tipis Huawei dengan Desain Mirip MacBook