Cara Main Game PS3 di PC atau Laptop Tanpa Lag

Rekanbola – Meski kini sudah memasuki era PS4, bahkan sudah banyak rumor akan dirilisnya PS5, PlayStation 3 (PS3) tetap jadi salah satu konsol game terpopuler hingga saat ini. Namun, masih banyak gamer yang belum memiliki konsol tersebut.

Untuk itu, kali ini Jaka akan kasih tips gimana cara main game PS3 di PC atau laptop berbasis Windows. Tentunya tanpa mengalami lag.

Kamu yang belum sempat memiliki PS3 karena terbentur budget atau konsol yang sudah semakin langka saat ini pasti kesulitan saat ingin memainkan game-game seru di PS3. Jika kamu punya perangkat PC atau laptop yang tergolong mumpuni, maka permasalahan kamu bisa terselesaikan. Kamu jadi bisa menerapkan cara main game PS3 di PC atau laptop yang kamu punya.

Untuk melakukannya, kamu membutuhkan bantuan sebuah aplikasi atau software bernama RPCS3 – Playstation 3 (PS3) Emulator. Sesuai dengan namanya, ini adalah emulator yang memungkinkan kamu mengemulasi game-game PS3 agar dapat dimainkan di PC atau perangkat laptop kepunyaanmu. Kalau begitu, langsung aja ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Pertama-tama, pastikan perangkat PC atau laptop kamu sudah terpasang RPCS3. Lebih mudahnya, kamu bisa langsung download software tersebut pada link yang sudah Jaka sediakan di atas. Satu lagi, kamu juga membutuhkan LLE Modules yang bisa langsung kamu download di sini.

Jika sudah memiliki keduanya, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menyalin (copy) folder bernama “dev_flash” yang ada di dalam LLE Modules ke dalam folder RPCS3.

Selanjutnya, buka software RPCS3 yang sudah kamu install. Pilih menu Config, lalu pilih Settings. Ketika tampilan software sudah seperti yang ada pada gambar di bawah, pilih libresc.prx, librtc.prx, libsre.prx dan libspurs_jq.prx dengan mencentang keempat file tersebut.

Baca Juga:   Samsung dan BlackBerry Perpanjang Kolaborasi Keamanan

Sebelum menekan OK, pindah terlebih dulu ke tab Graphic. Saatnya kamu memilih kartu VGA yang akan digunakan dengan klik kolom yang ada di bawah D3D Adapter.

Tinggalkan sebentar software RPCS3, langakh selanjutnya adalah menyiapkan game PS3 yang ingin kamu mainkan di PC atau laptopmu. Lakukan Rip dari game asli, lalu masukkan hasil Rip pada sebuah folder.

Kembali lagi pada software RPCS3, pilih menu Boot yang terletak di sebelah kiri, lalu pilih Boot game.

Kembali ke folder game yang sudah kamu buat sebelumnya, langsung saja klik Select folder.

Kamu tinggal menunggu game melakukan boot sebelum bisa menerapkan cara main game PS3 di PC kamu. Jika sudah, kamu bisa langsung memainkannnya.

Itulah beberapa langkah melakukan cara main game PS3 di PC atau laptop tanpa lag. Jika masih belum jelas, kamu bisa melihat tutorial lengkapnya pada video yang diungguah sebuah YouTube channel bernama Hakced Thunder berikut ini.

 

( Sumber : Jalantikus.com )