Cara Paling Mudah Memilih Semangka Yang Matang Dan Manis

REKANBOLA – Semangka memiliki banyak khasiat yang baik bagi tubuh. Karena buah yang satu ini memiliki banyak sekali kandungan vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Tapi kamu mungkin pernah mengalami ketika membeli semangka dan mendapat semangka yang zonk. Buahnya memang terlihat besar, namun ketika dimakan rasanya hambar. Nah, agar kamu tisak salah lagi ketika memilih semangka, mari simak bagaimana cara memilih semangka yang telah matang sempurna :
1. Cabut Tangkainya
Cara ini merupakan cara memilih semangka yang paling mudah. Agar kamu mengetahui semangka yang sudah matang atau belum, kamu hanya cukup mencabut tangkai tersebut. Apabila tangkainya langsung terlepas, itu berarti semangkanya sudah matang.
2. Lihat Ruas Warna Hijau di Semangka
Cara berikutnya yaitu dengan memperhatikan ruas-ruas semangka. Semakin tua warna hijau dari ruas semangka, berarti semangka tersebut sudah matang.
3. Cek Bagian Bawah Semangka
Ada beberapa semangka yang memiliki bercak warna kuning berbentuk lingkaran pada bagian bawah semangka. Lingkaran ini disebut “field spot” karena itu adalah bagian semangka yang bersentuhan langsung dengan tanah.
Apabila semakin lebar dan tua warna kuning field spot tersebut, itu menandakan jika semangka telah matang.
4. Hindari Semangka yang Punya Bercak Putih
Perlu kamu ingat, apabila melihat semangka yang memiliki bercak putih, sebaiknya jangan dibeli dulu. Warna putih ini merupakan indikasi jika semangka tersebut kurang cahaya matahari, sehingga besar kemungkinan semangka tersebut belum matang sempurna. Untuk mematangkan semangka, sangat dibutuhkan sinar matahari yang cukup.
5. Pilih Semangka yang Berat
Semangka memiliki bobot yang berat dikarenakan 90% bagian semangka terdiri dari air. Oleh karena itu, semakin berat semangka adalah pertanda jika semangka tersebut telah matang.
6. Ketuk Buah Semangka
Cara yang satu ini memang susah-gampang. Namun, masih banyak orang yang percaya jika mengetuk buah semangka bisa juga memberi tanda kepada kita apakah buah semangka tersebut sudah matang atau belum.
Apabila semangka yang kamu ketuk berbunyi nyaring, itu tandanya buah tersebut belum matang. Namun apabila saat kamu mengetuk semangka dan berbunyi agak ‘dalam’ dan tidak menggema, itu tandanya semangka sudah matang.
7. Hindari Membeli Semangka di Musim Hujan
Ketika musim hujan semangka akan sulit untuk mendapatkan sinar matahari. Padahal semangka sangat membutuhkan sinar matahari agar dapat matang sempurna. Maka sebaiknya jangan membeli semangka di musim hujan jika kamu tidak mau mendapat semangka yang hambar.
8. Pilih Semangka Potong Berwarna Merah Terang
Lalu, bagaimana jika semangka yang sudah dipotong sama penjual? Untuk mengatasu hal itu, carilah semangka yang memiliki warna merah terang dengan biji yang berwarna gelap. Sebisa mungkin untuk tidak membeli semangka dengan warna merah pucat atau banyak biji yang masih berwarna putih.

Baca Juga:   Pentingnya Deteksi Kelainan Kromosom Sejak Awal Hamil