Cara Periksa Aplikasi Asli atau Abal-Abal, Jangan Sampai Tertipu!

REKANBOLA Dengan gratis, ada puluhan ribu aplikasi yang bisa kita unduh gratis di Play Store ataupun App Store. Meski demikian, kemudahan bukan berarti keamanan. Banyak sekali aplikasi abal-abal yang bisa dengan mudah merasuk ke smartphone Anda jika tidak jeli.

Yang mengejutkan lagi, deretan aplikasi abal-abal ini bisa mengancam dengan mencuri informasi pribadi pengguna dengan cara yang licik. Agar Anda tidak menjadi korban aplikasi abal-abal, melansir Tekno Liputan6.com, berikut tips yang dapat dilakukan untuk membedakan mana aplikasi asli dan yang palsu.

1. Periksa aplikasi dari situs pengembang resmi

Apabila kamu ingin mengunduh aplikasi, pastikan terlebih dahulu mengecek nama pengembang (developer) dan sumber aplikasi tersebut dari situsnya.

2. Periksa deskripsi aplikasi

Aplikasi abal-abal bisa dicek dengan deskripsi yang terdengar janggal, atau juga memiliki kesalahan ejaan baik dari judul maupun deskripsinya. Maka itu, cek kembali deskripsi aplikasi yang ada di App Store atau Google Play Store sebelum mengunduh.

3. Periksa Ulasan Aplikasi

Apabila kamu ingin mengunduh aplikasi, ada baiknya untuk membaca ulasan atau review-nya di App Store atau Google Play Store. Sudah pasti aplikasi palsu biasanya dijejali ulasan negatif dan keluhan dari para pengguna.

4. Periksa Latar Belakang Pengembang

Mengunjungi situs web aplikasi resmi termasuk cara yang penting. Sebab, hal tersebut dapat memudahkan kamu untuk mengecek identitas dan latar belakang pengembang, dan tahu akan halhal yang mencurigakan.

5. Periksa Jumlah Unduhan

Memperhatikan jumlah unduhan juga tidak kalah pentingnya. Pasalnya, jumlah unduhan yang cukup tinggi membuktikan keaslian dari aplikasi yang hendak diunduh.

Baca Juga:   Gamer Berpenghasilan Rp144 Miliar Capai 400 Juta Views di Twitch