Cegah Bentrok Massa, Kapolrestabes Surabaya Siagakan Pasukan

Rekanbola – Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya Komisaris Besar Polisi Rudi Setiawan menyiagakan personel di seluruh wilayahnya untuk menjaga Ibu Kota Provinsi Jawa Timur itu supaya tetap aman dan kondusif.

“Saya sudah arahkan kepada semua personel agar tetap siaga,” katanya kepada wartawan usai membubarkan aksi massa dari dua kubu di Surabaya, Minggu (26/8).

Massa dari dua kubu itu menggelar aksi di Jalan Indrapura Surabaya sejak sekitar pukul 09.00 WIB. Sebelumnya, sejak pukul 06.00 WIB, mereka berkumpul di seputar kawasan Tugu Pahlawan.

Satu kubu ingin mendeklarasikan pada tahun 2019 ganti presiden, sedangkan kubu lainnya menentang dan lebih menyerukan cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Segenap personel Polrestabes Surabaya dengan tegas membubarkan aksi dari dua kubu tersebut karena sejak sehari sebelumnya dinyatakan tidak mendapat izin dari kepolisian daerah setempat.

“Saya mengucapkan terima kasih karena semuanya bersemangat untuk menjaga Surabaya agar tetap aman. Masing-masing sepakat untuk menahan diri,” ujarnya.

Lebih lanjut Kombes Pol. Rudi memerintahkan agar segenap personelnya untuk tetap bersiaga di seluruh wilayah Kota Surabaya setelah pembubaran aksi massa dari dua kubu tersebut.

“Sudah menjadi tugas kepolisian. Meski hari libur, polisi tetap harus berjaga,” katanya.

Mantan Direktur Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Sumatera Selatan itu memastikan telah menempatkan personel di seluruh wilayah Kota Surabaya.

“Kami lebih memperketat penjagaan di beberapa wilayah yang berpotensi terjadi gangguan keamanan masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga:   Curhatan sang adik jelang sidang cerai Ahok