Cemarkan nama baik, 2 akun Instagram dilaporkan BPJS Kesehatan ke polisi

Rekanbola – Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fachmi Idris melaporkan dua akun Instagram ke Bareskrim Polri, Gambir,Jakarta Pusat. Dua akun tersebut yakni atas nama ifkarbirri dan anisadestya yang diduga telah melakukan pencemaran nama baik.

“Kami sebenernya terbuka apa yang disampaikan masyarakat melalui berbagai media termasuk media sosial terutama kritik untuk perbaikan layanan kepada masyarakat. Tetapi kalau kemudian yang disampaikan itu tidak benar, tidak sesuai kami juga ingin mengedukasi masyarakat agar tidak mudah menyebarkan berita tidak benar,” kata Fachmi di Kantor Bareskrim di gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (18/9).

Sementara itu, kuasa hukum Fachmi Idris yakni La Ode Haris mengungkapkan, pencemaran yang dimaksud karena pihak BPJS Kesehatan telah dituding melakukan makan malam di suatu hotel mewah yang ada di Jakarta.

“Tapi dinner itu tidak pernah dilakukan BPJS, karena itu apa yang telah diupload oleh pemilik IG itu, BPJS merasa nama baiknya tercemarkan. Demi melindungi hak-hak klien kami, kami melaporkan ke Bareskrim Polri,” ungkapnya.

Ia pun menjelaskan, postingan yang dilakukan oleh dua akun tersebut juga ternyata telah mencolek atau tag mulai dari Presiden Joko Widodo hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

“Dalam kontennya itu, tertulis dinner BPJS terus juga ditambahkan dengan kata-kata BPJS dinner. Ini kata-kata bahan yang diupload dan disebarkan. Disebut bahwa BPJS Kesehatan RI terus di tag ke berbagai pihak ke Jokowi, JK, Prabowo, Anies Basweda disebutkan,” jelasnya.

Dalam hal ini, laporan yang ia buat terhadap ifkarbirri dan anisadestya itu tertuang dalam Laporan Polisi Nomor : LP/B/1144/IX/2018/Bareskrim tanggal 18 September 2018. Yang mana keduanya disangkakan Pasal tindak pidana pencemaran nama baik melalui media elektronik, pencemaran nama baik UU nomor 19 tahun 2016 tentang perbuahan atas UU nomor 11 tahun 2008 tentang iformasi dan transaksi elektronik, UU nomor 1 tahun 1946 tentang KUHP, ayat 45 (3) jo Pasal 27 ayat (3), 310 KUHP, 311 KUHP dan 207 KUHP.

Baca Juga:   Agnez Mo dan Chris Brown Ciuman, Video Klip Baru?

Adapun isi postingan yang dianggap oleh pihak BPJS Kesehatan adanya pencemaran nama baik terhadap pihaknya.

“apakah etis lembaga kesehatan RI yang menunggak pembayaran-pembayaran ke RSUD-RSUD, mengadakan acara seperti ini dinner bpjs fantastis luar biasa di saat teman-teman tenaga kesehatan hanya mengabdi untuk menolong sesama sedang mengeret kantongnya karena gaji belum turun, karena BPJS RI menunggak pembayaran mereka BPJS Kesehatan RI sedang berfoya-foya di Sharngrila Jakarta, dimana mukamu BPJS RI. Apakah harus ada #gantibpjs2019 agar kau bisa sadar wahai teman sejawat apakah iya kita diam saja saat mereka menginjak-menginjak kita yang menjadikan kita tameng di depan pasien. Yang menjadikan pasien layaknya barang yang dihargai dengan paket-paket BPJS. Apakah kita diam saja,” demikian tulis akun tersebut.

2 thoughts on “Cemarkan nama baik, 2 akun Instagram dilaporkan BPJS Kesehatan ke polisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *