China Luncurkan Satelit untuk Telusuri Sisi Gelap Bulan

Rekanbola – China meluncurkan sebuah satelit pemancar yang didesain untuk menghubungkan komunikasi antara bumi dan satelit bulan. Satelit ini dirancang untuk menjelajahi sisi gelap bulan.

Mengutip Badan Antariksa Nasional China, media Xinhua menyebut satelit itu diluncurkan pada Senin (21/5), pukul 05.28 waktu setempat. Satelit itu diluncurkan lewat roket Long March-4C dari pusat peluncuran Xichang di bagian barat daya negara itu.

Dilansir Reuters, Senin (21/5/2018), misi ini merupakan langkah kunci bagi China untuk mewujudkan tujuannya sebagai negara pertama yang mengirimkan penyelidikan ke bulan dan penjelajahan ke bagian terjauh di bulan.

Satelit ini diberi nama Queqiao, atau Magpie Bridge, yang akan menetap di orbit sejauh 455 ribu km dari bumi, dan akan menjadi satelit komunikasi pertama dunia yang dioperasikan di sana.

China menargetkan untuk mengejar ketertinggalan dari Rusia dan Amerika Serikat untuk menjadi pusat antariksa pada 2030. China berencana untuk memulai pembangunan stasiun luar angkasa berawaknya tahun depan.

Bagaimanapun juga, ketika China berambisi untuk menjaga perdamaian, Departemen Pertahanan AS menuduh peluncuran ini sebagai pencegahan bagi negara lain untuk menggunakan ruang angkasa saat krisis.

 

(Sumber : detik.com)

Baca Juga:   5 Rekomendasi Power Supply Gaming 500 Watt dengan Harga Terjangkau