Daftar 17 Ponsel Huawei yang Akan Dapat Android Q

REKANBOLA –  Salah satu akibat masuknya nama Huawei dalam blacklist perdagangan Amerika Serikat adalah perusahaan tersebut tidak bisa menggunakan aneka layanan berikut OS Android besutan Google di produk-produk ponsel mendatang besutannya.

Kendati demikian, Huawei berani menjanjikan bahwa 17 ponsel buatannya bakal mendapatkan update sistem operasi Android Q.

Hal tersebut disampaikan lewat sebuah situs baru bernama “Huawei Answers” yang berisi tanggapan-tanggapan Huawei terhadap aneka rumor terkait konsekuensi blacklist AS.

Selain update Android Q, ada juga pembahasan soal apakah ponsel Huawei akan tetap bisa menggunakan Facebook dan WhatsApp, status garansi ponsel-ponsel Huawei, hingga nasib patch sekuriti rutin.

“Di Huawei, kami selalu mengutamakan konsumen, terlepas dari tantangan yang tengah kami hadapi. Semua smartphone dan tablet Huawei akan terus menerima patch keamanan dan pembaruan Android,” tulis Huawei.

Sebagian besar dari 17 ponsel yang tercantum merupakan seri flagship. Bukan hanya dari seri P30 terbaru saja, flagship keluaran tahun 2017 seperti Mate 10 dan Mate 10 Pro juga masuk dalam daftar.

“Perangkat kami yang paling populer saat ini, termasuk seri P30, akan dapat mengakses Android Q. Faktanya, kami telah meluncurkan program pengembang beta untuk Android Q yang sedang berjalan sekarang pada perangkat Mate 20 Pro kami,” ungkap pihak Huawei.

Berikut ini adalah daftar 17 ponsel Huawei yang dipastikan akan mendapat pembaruan ke Android Q.

P30 Pro
P30
Mate 20
Mate 20 Pro
Mate 20 RS Porsche Design
P30 lite
P smart 2019
P smart+ 2019
P smart Z
Mate 20 X
Mate 20 X (5G)
P20 Pro
P20
Mate 10 Pro
Mate 10 Porsche Design
Mate 10
Mate 20 Lite

Baca Juga:   Xiaomi Mi 9 Dapat Restu dari Negara Tetangga