Daftar Fitur Baru Instagram Selama 2018. Sudah Coba Semua?

Banyak fitur baru yang berkaitan dengan Stories.

Rekanbola – Upaya Instagram agar meraup lebih banyak lagi pengguna adalah dengan memberikan fitur-fitur baru selama tahun 2018 kemarin. Sebagian besar fitur-fitur anyar dari Instagram ini berkaitan dengan Stories karena fitur yang satu ini memang menjadi kekuatan Instagram.

Jadi, ada fitur apa saja ya di Instagram selama tahun 2018? Kira-kira kamu sudah coba semua fiturnya belum? Berikut adalah daftar beberapa fitur anyar Instagram di tahun 2018!

1.Menghias Stories

Fitur menghias stories agar lebih menarik via http://hai.grid.id

Instagram menghadirkan fitur yang membuat para Instagrammer bisa menghias unggahannya di Stories, baik teks, foto, maupun video. Beberapa opsi fitur menghias Stories adalah Mode Type, Mode Focus, fitur belanja, dan sebagainya.

Fitur Mode Type adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan teks di Instagram Stories tanpa foto dan video yang perlu diunggah. Teks yang diunggah pun bisa diotak-atik sesuai selera, seperti mengatur jenis font atau menggunakan huruf bergerak.

Kalau Mode Focus, khusus untuk unggahan foto dan video di Instagram Stories nih. Dengan Mode Focus, kamu bia mengunggah foto atau video menggunakan efek bokeh, yaitu efek yang membuat background foto menjadi blur. Sayangnya, fitur ini belum tersedia untuk semua smartphone.

Selain kedua mode tersebut, di tahun 2018 kamu JUGA bisa mengunggah foto dan video ke Instagram Stories dengan jumlah yang lebih banyak. Fitur ini berguna untuk memuaskan hasrat pengguna yang ingin upload terus.

Kemudian foto dan videomu kini bisa diunggah di Stories dalam berbagai ukuran, menggunakan dimensi aslinya, persegi, lanskap, ataupun potrait.

Baca Juga:   Dilarang Suami Main TikTok, Wanita Ini Nekat Bunuh Diri

2.Stiker baru di Stories

Stiker kian meramaikan Stories IG via http://style.tribunnews.com

Stiker slider emoji, fitur stiker sebenarnya sama dengan stiker polling, yakni pengguna bisa membuat pertanyaan dan para followers merespons pertanyaan tersebut dengan cara menggeser emoji stiker tersebut.

Stiker GIF atau gambar bergerak pun sudah bisa ditambahkan ke IG Stories. Untuk menghadirkan fitur GIF ini, Instagram bekerjasama dengan Giphy sebagai sumber GIF.

Stiker tanya jawab di IG Stories Live, berguna untuk memberikan pertanyaan untuk pengguna lain yang sedang Live di IG Stories. Pengguna yang sedang Live pun bisa langsung menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Stiker pertanyaan adalah fitur yang sempat ramai dibicarakan. Fitur ini adalah satu cara untuk berinteraksi sesama pengguna Instagram melalui Stories. Pengguna bisa memberikan pertanyaan apapun melalui stiker pertanyaan, dan pengguna lainnya bisa langsung menjawabnya.

Stiker countdown, sama seperti menambahkan GIF atau stiker polling, pengguna Instagram juga bisa menambahkan stiker hitung mundur di Stories mereka.

3.Fitur baru di Direct Message

Berkirim pesan melalui DM lebih menyenangkan via https://garudacyber.co.id

Video chat, tidak hanya berkirim pesan teks saja, kini fitur di Direct Message bisa digunakan untuk panggilan video. Kerennya lagi, video chat ini bisa menampung obrolan untuk empat orang dari teman atau grup percakapan.

Tanda online, kalau sebelumnya pengguna tidak bisa mengetahui siapa saja following mereka yang sedang online atau aktif menggunakan Instagram, kini pengguna bisa mengetahuinya melalui tanda online (lingkaran hijau) di foto profil saat kamu membuat Direct Message.

Pesan suara, kalau tadi sudah ada fitur video chat, ada juga fitur baru berupa pesan suara. Jadi, kalau lagi repot atau lagi malas mengetik, bisa langsung berkirim pesan suara melaui DM Instagram.

Baca Juga:   Kala Instagram 11 Selebritis Menggeser Peran 'Karpet Merah'

4.Platform video IG TV

IG TV mengusung konsep Youtube via https://www.tubefilter.com

IG TV adalah fitur anyar Instagram yang dihadirkan khusus untuk para penggunanya yang gemar membuat konten video. IG TV ini sudah dalam bentuk aplikasi mandiri dan tersedia di Android maupinn iOs. Untuk konsepnya, IG TV mengadopsi konsep dari platform Youtube.

5.Tampilan tab Explore terbaru

Tab Explore mempunyai kategori pencarian via https://dailysocial.id

Tab Explore mendapat pembaruan dari Instagram dengan menambahkan beberapa kategori di bagian atasnya. Kategori tersebut adalah film, musik, olahraga, seni, dan sebagainya. Fitur ini tidak lain berguna untuk memudahkan pengguna melihat unggahan yang sesuai dengan minat mereka.

6.Share unggahan ke Stories

Unggahan yang diunggah kembali ke Stories via https://kumparan.com

Fitur ini membuat pengguna Instagram bisa membagikan unggahan seseorang yang disukai ke Stories mereka. Selain itu, unggahan yang ingin dibagikan pun tetap bisa diedit sesuka hati. Misal, ditambahkan teks dan stiker.

7.Tanda postingan yang sudah dilihat

Mengingatkan pengguna dalam melihat postingan via https://kumparan.com

‘You’re All Caught Up’ adalah fitur yang menambah kenyamanan ketika menjelajahi linimasa Instagram. Fitur ini akan memberitau pengguna jika sudah melihat semua unggahan di linimasa lebih dari 48 jam terakhir.

8.Fitur mengatur waktu buka aplikasi

Pengguna bisa mengatur penggunaan IG via https://kumparan.com

Fitur dashboard ini berfungsi untuk memberi informasi kepada pengguna mengenai waktu lama mereka membuka aplikasi dan pengguna pun bisa mengatur batas waktu dengan cara mematikan notifikasi aplikasi untuk sementara.

9.Fitur Nametag

Fitur untuk menambah teman via http://pekanbaru.tribunnews.com

10.Fitur anti bully

Melindungi pengguna dari komentar negatif via https://www.dream.co.id

Fitur anti bully adalah fitur penyaring komentar secara otomatis dalam bahasa Indonesia. Fitur ‘Sembunyikan Komentar Ofensif’ ini memungkinkan pengguna memblokir komentar yang mengandung kata-kata yang tidak pantas dan mengganggu.

Itulah beberapa fitur yang diluncurkan Instagram sepanjang tahun 2018. Tentunya masih akan ada lagi fitur-fitur baru lainnya di tahun 2019. Kita tunggu saja.