Data anggota berbeda dengan KPU, PBB Tangsel belum penuhi syarat

Rekanbola.com –  KPUD Tangsel telah menetapkan empat partai politik baru memenuhi persyaratan sebagai peserta pemilu 2019 mendatang. Namun, Partai Bulan Bintang (PBB) dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS).

Komisioner KPUD Tangsel, Bambang Dwitoro menjelaskan, dari 16 parpol yang melakukan verifikasi faktual, satu parpol dinyatakan BMS. Sementara empat parpol baru memenuhi syarat.

“Dari 16 partai yang memverifikasi, hanya Partai Bulan Bintang yang belum memenuhi syarat verifikasi dan perlu dilengkapi,” terangnya, Minggu (4/2).

Sementara empat partai baru yang dinyatakan memenuhi persyaratan yaitu, Partai Perindo, PSI, Partai Berkarya dan Partai Garuda. Dia menjelaskan, PBB masih perlu melengkapi syarat karena adanya salah satu pengurus partai yang tidak sesuai dengan data di Sistem informasi Parpol (SIPPOL) KPU RI.

“Ada salah satu pengurus tidak sesuai dengan SIPPOL dan juga masih belum memenuhi syarat atau BMS pada jumlah keanggotaannya yang masih di bawah jumlah minimal yaitu 1.000 orang,” jelasnya.

Bambang memastikan, pihaknya akan memberikan batas waktu hingga Senin (5/2) besok untuk PBB melengkapi syarat tersebut.

“Partai Bulan Bintang masih ada yang perlu dilengkapi. Kami berikan sampai besok Senin 5 Februari 2018,” ujarnya.

Sementara itu Ketua KPU Tangsel M Subhan menjelaskan, verifikasi faktual dilakukan sejak tanggal 30 Januari hingga 1 Februari 2018 untuk partai politik lama atau yang sebelumnya mengikuti kontestasi pemilu di tahun 2014.

“Kami melakukan verifikasi sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi terhadap parpol peserta Pemilu 2014 atau partai lama. Selain itu KPU juga melakukan verifikasi faktual terhadap empat parpol baru,” jelasnya.

Ada beberapa poin yang dilakukan verifikasi faktual bagi calon peserta pemilu 2019 diantaranya adalah Kantor Sekretariat Parpol, Kepengurusan Parpol, dan juga minimal 30 persen keterwakilan pengurus perempuan di satu parpol.

Baca Juga:   Bapak dan Anak Ini Tega Cabuli Dua Orang Gadis

Parpol yang di verifikasi faktual oleh KPU Tangsel;
1. Partai Golongan Karya (Golkar)
2. Partai Demokrat (PD)
3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
4. Partai Amanat Nasional (PAN)
5. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
6. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
7. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
8. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
9. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
10. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
11. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
12. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
13. Partai Berkarya
14. Partai Garuda
15. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)
16. Partai Bulan Bintang (PBB)/Belum Memenuhi Syarat (BMS)

 

Baca Juga :

 

Hasil gambar untuk MInion logo