Dermaga Busselton Tertutup Sampah Rumput Laut

Rekanbola – Dermaga Busselton yang terkenal di dunia telah dibanjiri oleh berton-ton rumput laut yang hanyut ke pantai yang terdapat di barat daya kota tujuan wisata di Australia Barat itu akibat badai kuat yang terjadi pekan lalu.

Rumput laut itu sekarang menutupi garis air selama beberapa meter dari laut dan menimbulkan masalah bau yang menyengat bagi pihak berwenang setempat.

Rumput laut itu telah terbawa arus ke pantai di sepanjang dermaga Busselton – dermaga kayu-terpanjang di belahan bumi selatan, yang membentang sepanjang 1,84 kilometer ke laut.

demaga dipenuhi sampai rumput laut

Sophie Teed, seorang ahli biologi kelautan yang telah bekerja di Dermaga Busselton selama tujuh tahun, mengatakan bahwa dia belum penah menemukan pemandangan seperti ini selama beberapa tahun.

Dia menekankan bahwa meskipun materi tanaman terlihat seperti rumput laut, sebenarnya itu adalah beragam jenis organisme yang berbeda.

“Badai itu benar-benar membersihkan banyak daun mati dan terpisah dari padang lamun itu sendiri,” katanya.

“Dengan semua ombak yang bergulung-gulung, yang menyeret serta semua daun yang terlepas di pantai itu sendiri.”

Rumput laut menyediakan lingkungan untuk hewan kecil, dan juga membantu menahan garis pantai bersama-sama untuk mencegah erosi.

dermaga dipenuhi rumput laut

“Ini adalah elemen yang sangat protektif untuk melindungi air dari erosi,” kata Teed.

“Saya pikir cara rumput laut atau padang lamun itu terdampar di pantai sekarang ini telah dipengaruhi oleh kantong pasir yang telah digali oleh Kota Busselton.

“Ada bangunan besar di bawah dermaga, dan itu memaksa lamun berlabuh ke tempat itu sekarang.”

Dermaga dipenuhi rumput laut

Teed mengatakan tidak ada efek lingkungan nyata yang negatif dari sejumlah besar lamun, yang pada akhirnya akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga:   Demokrat Rebut Kendali Dari Partai Republik di DPR Amerika Serikat

Efek terburuk kemungkinan adalah bau material saat mengering di bawah matahari.

Tetapi dewan lokal, yang secara teratur menggunakan front-end loader untuk membersihkan diri dari pantai kota selama musim puncak pariwisata di musim panas, menghadapi beberapa minggu sibuk membersihkan diri dari puing-puing.

Busselton Jetty dipenuhi rumput laut

 

(Sumber : detik.com)