Di Akhir KTT, Trump-Kim Teken ‘Dokumen Penting’ yang Misterius

Rekanbola – Pertemuan bersejarah antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un diakhiri dengan penandatanganan dokumen misterius. Tidak disebut lebih lanjut isi dokumen itu karena Trump menyebutnya sebagai ‘dokumen sangat penting’.

Seperti dilansir CNN, Selasa (12/6/2018), agenda penandatanganan tidak dijadwalkan sebelumnya dalam pertemuan bersejarah antara kepala negara AS dan Korut ini. Trump baru mengumumkan sesi penandatanganan saat berjalan bersama Kim Jong-Un menyusuri taman di Hotel Capella usai makan siang. Dokumen yang ditandatangani Trump dan Kim Jong-Un itu disebut sebagai kesepakatan bersama, namun isinya belum diungkap ke publik.

“Kami menandatangani dokumen yang sangat penting, dokumen yang cukup komprehensif,” ucap Trump kepada wartawan saat sesi penandatanganan.

Trump menyebut isi dokumen itu akan dijelaskan ‘lebih lengkap’ dalam konferensi pers yang akan digelar Selasa (12/6) sore waktu setempat. Trump juga mengindikasikan bahwa isi dokumen itu akan diungkapkan ke publik.

Dalam pernyataan di forum yang sama, Kim Jong-Un menyatakan terima kasih kepada Trump untuk mewujudkan pertemuan bersejarah ini.

“Kita baru saja melakukan pertemuan bersejarah dan memutuskan untuk melupakan masa lalu dan kita akan menandatangani dokumen bersejarah,” ucap Kim Jong-Un melalui seorang penerjemah.

“Dunia akan melihat perubahan besar,” imbuhnya.

Usai saling menandatangani dokumen tersebut, Trump dan Kim Jong-Un saling menukar dokumen dan kembali berjabat tangan.

Dituturkan seorang pejabat AS kepada CNN sebelumnya, bahwa dokumen yang ditandatangani itu berisi pengakuan terhadap kemajuan pembicaraan AS-Korut dan janji untuk menjaga momentum tetap berlangsung.

 

 

(Sumber : detik.com)

Baca Juga:   Kepolisian Guatemala Tangkap 13 Pelaku Terkait Jaringan Loly Candy's