Diduga Curang Uji Emisi Pada Mobil Baru, CEO Audi Ditangkap

Rekanbola – Rupert Stadler, Chief Executive Officer Audi, produsen mobil asal Jerman, ditangkap pada hari Senin (18/6/2018), berdasarkan pernyataan dari juru bicara Volkswagen, induk usaha dari Audi.

“Kami mengkonfirmasi bahwa Mr. Stadler ditangkap pagi ini (waktu setempat). Sidang untuk menentukan apakah dia akan diserahkan sedang berlangsung, “kata juru bicara itu menambahkan bahwa praduga tak bersalah diterapkan pada kasus Stadler.

Kejaksaaan Munich mengatakan Chief Executive Audi ditangkap pada Senin karena para penyelidik melihat adanya risiko penghilangan bukti sehubungan dengan penyelidikan emisi diesel. “Hakim telah memerintahkan penahanannya,” ujar kejaksaan seperti dilansir Reuters.

Sebelumnya Otoritas kendaraan bermotor Jerman KBA telah memeriksa Audi dalam dugaan kecurangan dalam uji emisi. Audi model A6 / A7 bermesin diesel disinyalir memiliki ‘defeat device‘ atau software yang bisa mengelabui uji emisi.

Ada sekitar 30.000 mobil diesel bermesin diesel 6-silinder yang mungkin telah dilengkapi dengan perangkat emisi software ilegal di Jerman, majalah mingguan Jerman Spiegel melaporkan pada hari Selasa.

“KBA telah meminta dengar pendapat atas dugaan model Audi V6TDI A6 / A7 yang telah dilengkapi dengan ‘defeat device’ ilegal,” kata Kementerian Transportasi Jerman dalam sebuah pernyataan.

Sekitar 60.000 kendaraan di seluruh dunia telah dipasangi mesin V6TDI yang dicurigai, kata kementerian transportasi, seraya menambahkan bahwa sertifikasi jalan pan-Eropa (pan-European road) dari model Audi yang dipermasalahkan dikeluarkan di Luxemburg.

(Sumber : cnbcindonesia.com)

Baca Juga:   Reaksi Cepat Polsek Tambora Tangkap Pelaku Tawuran Antar Pemuda