Dingin-dingin Main Salju di India

REKANBOLA –  Wisata ke pegunungan berselimut salju bisa dirasakan di India. Tepatnya di wilayah Kashmir.

Kalau selama ini kita mendengar pemberitaan bahwa India adalah salah satu negara dengan tingkat polusi yang cukup tinggi rasanya tidak sepenuhnya benar. Untuk di kota-kota seperti Delhi, Jaipur dan Agra memang terasa panas dan berdebu namun coba lah untuk mlipir mengunjungi wilayah Kashmir yang berhawa lebih sejuk.

Selama di Kashmir dalam 3 hari berturut-turut saya dan teman-teman mengunjungi tempat-tempat bersalju. Iya, salju di India! Seperti diketahui bahwa pegunungan Himalaya melintas di 5 negara dan salah satunya adalah India. Di India, wilayah yang berada di pegunungan Himalaya adalah Kashmir.

Saat saya berkunjung ke Kashmir, sudah memasuki awal musim semi. Salju sudah tidak terlihat di Srinagar walaupun udara dingin masih terasa. Namun kami beruntung masih bisa bermain salju di 3 tempat di Kashmir, yaitu di Sonamarg, Pahalgam dan Gulmarg.

Baca Juga :

Hari pertama kami menuju Sonamarg. Lama tempuh dari tempat kami menginap di danau Dal ke Sonamarg nyaris 2 jam 30 menit dengan minibus yang kami sewa. Cuaca cerah dan baru mendekati Sonamarg salju mulai terlihat sedikit demi sedikit.

Tepat di Sonamarg salju masih penuh menutupi bukit dan jalanan. Senangnya saya dan teman-teman dapat menginjak dan bermain salju! Di Sonamarg pengunjung dapat menyewa sledge, kereta luncur yang terbuat dari kayu, yang ditarik oleh 1 orang. Atau sekadar berfoto-foto di tengah salju. Beberapa food truck yang menjual makanan dan minuman panas tampak berjejer di pinggir sungai.

Baca Juga:   Sampaikan Kehilanganmu dengan Kata-Kata Perpisahan untuk Rekan Kerja Ini!

Keesokan harinya kami melanjutkan perjalanan ke daerah bersalju lainnya, Pahalgam. Menurut kabar yang beredar, Pahalgam diibaratkan mini Switzerland karena pemandangannya yang serupa tapi dalam versi yang lebih kecil.

Salju sudah mulai mencair di Pahalgam dan kami menunggang kuda poni untuk berkeliling Pahalgam. Pengalaman seru menunggang kuda yang sangat lincah dan terlatih untuk berjalan naik dan turun perbukitan dan terkadang berjalan di tanah licin yang basah oleh salju yang mencair.

Sebetulnya yang lebih lincah lagi adalah pawang kuda yang mendampingi kami. 1 pawang mengawal 2 kuda dan mengikuti kuda dengan berjalan kaki! Setelah puas berkeliling Pahalgam dengan menunggang kuda, menjelang sore kami kembali ke penginapan kami di Srinagar.

Hari berikutnya adalah hari terakhir kami bermain salju. Kami menuju Gulmarg dengan perjalanan selama 2 jam 30 menit. Lama tempuh dari Srinagar ke Sonamarg atau ke Pahalgam ataupun ke Gulmarg nyaris sama yaitu 2 jam 30 menit perjalanan lancar tanpa macet.

Sebelum sampai di Gulmarg, terdapat penyewaan sepatu boot dan jaket penahan dingin. Jadi para pelancong yang merasa jaketnya kurang tebal atau kurang maksimal menahan dingin dapat menyewa di tempat ini.

Tujuan pertama kami ada naik gondola menikmati pemandangan putih salju di sekeliling. Untuk menuju stasiun gondola dapat dengan berjalan kaki ataupun menggunakan sledge/kereta seluncur yang ditarik oleh 1 orang.

Saya mencoba menggunakan sledge dan cukup seru meluncur di tengah padang es. Selain pada musim salju, tempat digunakan sebagai padang golf. Terbayang luasnya area bermain salju di Gulamarg ini.

Antrean pembelian tiket gondola cukup panjang. Kami membeli tiket untuk perjalan pergi dan pulang. Setelah tiket didapat, kami mengantre untuk naik gondola. 1 gondola dapat memuat maksimal 6 orang dan pemandangan dari atas gondola sangat indah.

Baca Juga:   NASA: Saat Ini Waktu yang Tepat Manusia Tinggalkan Bumi

Rasanya puas bermain salju di sini karena areanya yang luas dan salju yang masih penuh menutupi. Bagi yang berani dapat menyewa peralatan ski dan mulai meluncur di atas salju dengan ski. Atau saling melempar salju dengan teman-teman juga seru.

Hati-hati saat berjalan di atas salju karena bisa saja terpeleset akibat sepatu boot yang dipakai tidak sesuai untuk berjalan di salju sehingga licin. Juga tidak semua permukaan yang tertutup saju itu keras. Di beberapa tempat hanya merupakan gundukan salju ringan sehingga jika diinjak akan terperosok. Tidak dalam tapi cukup untuk mengagetkan.

Tips saat mengunjungi tempat bersalju di Kashmir, jika ingin menyewa sledge ataupun peralatan ski, pastikan harga yang disepakati terlebih dahulu. Jika tidak, penyewa akan ditagih biaya sewa yang tinggi.