Ditopang Snapdragon 636, Main Gim di Redmi Note 5 Diklaim Bebas Ngelag

RekanBola – Xiaomi memastikan kehadiran smartphone kelas menengah Redmi Note 5 ke Indonesia.

Perangkat ini akan menjadi smartphone pertama di Indonesia yang kinerjanya ditopang dengan prosesor Snapdragon 636 dari Qualcomm.

Senior Marketing Manager Qualcomm Technologies Dominikus Susanto menjelaskan secara teknis berbagai keunggulan yang ada pada Snapdragon 636.

Lantas apa manfaat berbagai keunggulan teknis tersebut untuk pengguna? Susanto mengatakan salah satu manfaat langsung yang dirasakan pengguna adalah kemampuan multitasking.

“Karena Snapdragon 636 menggunakan CPU kelas lebih tinggi, performa saat multitasking, yakni membuka banyak aplikasi sekaligus tanpa menutup, performa smartphone tetap terjaga,” kata Susanto di Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Pengalaman lain yang juga dirasakan pengguna perangkat dengan prosesor Snapdragon 636 adalah tidak mengalami lag saat bermain gim kelas berat.

“Saat main gim, karena GPU (graphycs processing unit)nya lebih tinggi jadi tidak nge-lag,” ujarnya.

Sekadar diketahui, GPU yang digunakan pada Snapdragon 636 adalah GPU Adreno 509 yang mendukung pengalaman penggunaan layar yang superior. Di mana, GPU mendukung tampilan display dengan resolusi FHD+ untuk layar yang lebih besar.

Selanjutnya, pengguna juga bisa merasakan hasil jepretan kamera yang lebih baik.

“Untuk foto, spesifikasi dari Snapdragon 636 menggunakan Spectra 160 ISP (image signal processor) yang hanya ada di Snapdragon seri 8 dan sekarang ada di 636,” katanya.

Dengan Spectra 160 ISP, kata Susanto, pengguna bisa mendapatkan foto yang fokus, memiliki keakuratan warna yang lebih baik lantaran deteksi cahayanya bisa otomatis HDR.

“Jadi ini adalah teknologi kamera yang mampu menghasilkan foto yang lebih baik,” ujarnya.

Terakhir dan juga penting, perangkat yang dibekali prosesor Snapdragon 636 memiliki baterai yang irit meski kapasitas baterainya kecil.

Baca Juga:   Xiaomi Mau Naikkan Harga, Redmi dan Pocophone Ikutan Mahal?

“Karena fabrikasi yang digunakan adalah 14nm, baterainya lebih irit. Smartphone yang menggunakan prosesor dengan proses 14nm itu baterainya bisa tahan sampai satu hari meskipun kapasitas baterainya kecil,” kata Susanto.

Sekadar informasi, Redmi Note 5 memiliki panel layar IPS LCD 5,99 inci dengan resolusi 2.160 x 1.080 piksel. Perangkat ini dibekali prosesor Snapdragon 636, opsi RAM 3, 4, dan 6GB.

Sementara, kapasitas memori internalnya seluas 32GB atau 64GB dengan baterai berkapasitas 4.000mAh.

Untuk kamera, Redmi Note 5 dibekali kamera ganda 12MP dengan f1.9 dan 5MP. Kemampuan kameranya dibekali teknologi dual pixel PDAF untuk mengambil foto yang lebih fokus.

Kamera depannya punya resolusi 13MP yang didukung dengan teknologi kecerdasan buatan. Perangkat ini didukung dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo dan antarmuka MIUI 9.

Redmi Note 5 di Tiongkok hadir dalam beberapa varian warna, antara lain adalah Hitam, Biru, Gold, dan Rose Gold.

Soal harga, di Tiongkok Redmi Note 5 dibanderol mulai dari US$ 173 atau setara Rp 2,3 jutaan tetapi belum diketahui berapa harga jual smartphone ini di Indonesia.

(Sumber : Liputan6.com)

Baca Juga :