Dukung Jokowi, Ruhut Masuk Tim Bravo 5 Bersama Luhut

Rekanbola – Ruhut Sitompul mendukung Presiden Joko Widodo sejak Pilpres 2014. Ruhut kini kembali masuk tim kampanye. Tak hanya di tim kampanye nasional, politikus Partai Demokrat itu juga bergabung di tim Luhut Binsar Pandjaitan yang bernama Bravo 5.

“Saya ini melanjutkan mendukung Pak Jokowi,” ujar Ruhut di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Selatan, Rabu (29/8/2018).

Meski telah terpilih sebagai anggota DPR dari Demokrat, Ruhut mendapat tawaran dari Luhut masuk dalam timnya untuk memenangkan Jokowi-Jusuf Kalla (JK). Pada Pilpres 2014, Demokrat menyatakan netral meski partai pimpinan Ketum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu lebih condong ke Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

“Saya dihubungi Pak Luhut Binsar, saya diajak karena Pak Jokowi yang minta kan. Saya jubir waktu itu, Pak SBY netral tapi Demokrat itu dukung Prabowo loh, dia seolah-olah banyak berita Demokrat netral padahal enggak,” tutur Ruhut.

“Saya akhirnya last minute mulai kampanye saya masuk Bravo 5 bersama Pak Luhut saya keliling Indonesia menjadi jurkam Pak Jokowi dan JK,” imbuhnya.

Pada Pilpres 2014 lalu, Ruhut memang tak segan menunjukkan dukungannya kepada Jokowi. Ia mengaku sudah pamit terlebih dahulu ke SBY.

“Inilah saya teman deket dengan Jokowi. Pak Jokowi orangnya nggak mau anggap remeh. Orang boleh bilang apa tapi kewaspadaan beliau tinggi. Feeling politik beliau hebat, kita mesti akui itu,” kata Ruhut.

Saat ini, sejumlah elite Demokrat telah menyatakan mendukung Jokowi. Padahal untuk Pilpres 2019, Demokrat memutuskan mengusung Prabowo-Sandiaga Uno. Sebut aja TGH M Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB), Lukas Enembe, Deddy Mizwar. Ketua DPD PD Jatim Soekarwo juga sempat menyatakan dukungannya untuk Jokowi.

Baca Juga:   Zulkifli Hasan soal Lahan Prabowo: JK Tidak Membela, tapi Objektif

“Tapi Bapak nggak pernah mau terlena, Pak Jokowi itu. Kita harus tetap rendah hati, santun, jangan mengganggu orang,” ucapnya.

“Begitu juga kayak saya, saya jubir di sini, mungkin saya akan fokus walaupun waktu dulu (Pilpres 2014) saya keliling Indonesia dipilih Jokowi, walaupun di Sumut saya menangnya (Jokowi) cukup signifikan,” tambah Ruhut.

Dari beberapa sumber yang dihimpun, Bravo 5 ini merupakan tim buatan Luhut untuk memenangkan Jokowi sejak 2014. Beberapa tokoh masyarakat hingga elite partai berada di tim tersebut. Bravo 5 berada di luar tim kampanye nasional yang resmi didaftarkan ke KPU oleh kubu Jokowi.