DVI Klaim Tak Utamakan Kerja Cepat Ketika Periksa Tubuh Korban Lion Air

Rekanbola Operasi tim Disaster Victim Identification (DVI) mengutamakan prinsip ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan pemeriksaan tubuh korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

“Operasi DVI bukan mengejar cepat. Sebanyak apapun barang bukti atau sampel yang ada, kondisinya bagaimana, artinya caranya untuk membuat sampel itu untuk muncul DNA nya itu perlu waktu,” kata Vice Commander DVI Kombes Pol Triawan Marsudi saat menggelar konferensi pers di Rumah Sakit Polri Sukanto Kramat Jati, Jakarta, Sabtu (10/11).

Ia menyampaikan bahwa prinsip tersebut perlu dilakukan karena identifikasi menyangkut dengan individu. “Manusia yang hidup saja punya hak azasi, yang meninggal juga begitu, punya hak azasi untuk diakui identitasnya. jadi ini yang kita harapkan,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa tim DVI akan terus menerima temuan jenazah untuk diperiksa DNA nya hingga teridentifikasi.

“Operasi ini akan terus dilakukan, mungkin sampai tidak ada lagi yang bisa kita periksa. Nanti mungkin akan ada waktu, kita akan menyampaikan apapun hasil dari pemeriksaan ini. Ini harus segera disampaikan, supaya tahu karena masing-masing kasus itu tidak bisa disamakan, kondisinya berbeda-beda,” jelas Triawan.

Baca Juga:   Kabar 11 WNI Terlibat Insiden di Marawi, Ini Penjelasan Kemlu

3 thoughts on “DVI Klaim Tak Utamakan Kerja Cepat Ketika Periksa Tubuh Korban Lion Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *