Ekspresikan Gundahmu dengan Kata Galau Bahasa Jawa Ini

REKANBOLA – Ben akhire ora kecewa , dewe kudu ngerti kapan wektune berharap lan kapan wektune kudu mandeg.

Ada banyak cara untuk mengekspresikan kerisauan hati yang kamu rasakan. Salah satu caranya adalah mengungkapkan dengan kata-kata galau bahasa Jawa. Dalam artikel berikut, ada kumpulan kata-kata yang bisa mewakili perasaanmu yang sedang galau.

Meski tidak semua orang mengerti bahasa Jawa, tapi kamu tak perlu khawatir. Di sini kamu bisa membaca beberapa kutipan galau bahasa Jawa dan artinya. Tidak hanya kutipan galau mengenai cinta, kamu juga bisa menemukan kutipan tentang hidup dan persahabatan.

Untuk kamu yang bosan menggunakan kata-kata galau bahasa Indonesia yang itu-itu saja, ini juga bisa dijadikan salah satu alternatif. Kalau sudah penasaran, langsung saja baca selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Kuncinya Ikhlas

Putus cinta memang rasanya menyakitkan, apalagi jika kamu masih mempunyai perasaan padanya. Namun, jangan terlalu lama bersedih meratapinya. Toh, ada dia atau tidak dalam hidupmu, kamu harus melanjutkan hidup.

Dari kata-kata galau bahasa Jawa bijak di atas bisa kamu ambil pelajaran. Move on bukan berarti melupakan, tapi kamu harus mengikhlaskannya. Penggantinya yang lebih baik pasti sudah dipersiapkan untukmu, hanya saja kamu harus tetap semangat dan berusaha mencarinya.

2. Jangan Dibalas

Kamu pasti pernah sakit hati dengan seseorang karena ia sering kali menyakiti hatimu. Entah itu dengan perkataannya maupun yang dilakukan berkali-kali. Terkadang terbersit pikiran jahatmu untuk membalas perbuatannya.

Namun, belajarlah dari kata-kata bijak ini. Tidak usahlah kamu membuang tenaga untuk membalas perbuatan mereka. Ikhlaskan saja karena orang yang menabur pasti akan menuai perbuatannya, begitupun dengan orang yang yang menyakitmu itu.

Baca Juga:   Kata Penyesalan Cinta Paling Menyentuh

3. Hati-Hati dengan Hati

Tentu kamu sudah tak asing lagi dengan keripik singkong, makanan murah meriah dan merakyat ini. Pada saat membelinya, kamu pasti memilih barang yang isinya masih utuh dan tidak hancur, karena snack ini begitu tipis dan ringkih.

Nah, menurut kata-kata galau bahasa Jawa ini, “tresno” yang dalam bahasa Indonesia berarti cinta diibaratkan seperti keripik singkong yang mudah rapuh. Maka dari itu, kamu harus hati-hati ketika memperlakukannya.

4. Tahu Kapan Waktunya

Mempunyai pengharapan adalah hal yang baik, itu artinya kamu percaya bahwa esok hari pasti akan lebih baik dari hari ini. Akan tetapi, terlalu berharap pun bisa membuatmu kecewa. Apalagi kalau yang kamu harapkan tidak terjadi sesuai dengan ekspektasi.

Maka dari itu, kamu harus tahu kapan waktunya untuk berharap dan kapan waktunya untuk berhenti. Jika dirasa kamu sudah terlalu mengharap sesuatu tapi kamu tak yakin entah bisa mendapatkannya atau tidak, maka berhentilah. Itu akan menyelamatkamu dari rasa kekecewaaan yang mendalam.

5. Diam Lebih Baik

Mungkin kamu pernah merasa begitu berat untuk melepaskan seseorang untuk meraih kebahagiaan bersama orang lain. Kamu pun berkoar-koar kalau sudah ikhlas, tapi ada embel-embel yang menyiratkan bahwa kamu sebenarnya masih tak rela dan merasa tersakiti. Kalau begitu ada baiknya kamu mengambil nasihat dari kata-kata galau bahasa Jawa ini, daripada ribut sendiri lebih baik diam.

Karena seharusnya kamu senang bisa melihatnya bahagia, meskipun kamu tak menjadi bagian dari kebahagiaannya. Percayalah, kamu nanti akan menemukan orang yang lebih baik dari dia.